Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Memberi Pupuk Tanaman Lidah Mertua, Jenis hingga Caranya

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias lidah mertua atau Sansevieria dikenal sebagai tanaman yang perawatannya tidak sulit dan tidak mudah mati pula. Meskipun demikian, lidah mertua tetap membutuhkan pupuk.

Lidah mertua memang tidak membutuhkan banyak pupuk. Walau begitu, lidah mertua tetap perlu diberi pupuk agar memperoleh nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap hidup dan tumbuh dengan baik.

Nah, apa pupuk yang dibutuhkan tanaman lidah mertua dan cara mengaplikasikannya? Dikutip dari Succulent Thrive, Kamis (1/7/2021), berikut penjelasannya.

1. Pupuk apa yang dibutuhkan lidah mertua?

Tanaman membutuhkan nutrisi untuk menumbuhkan semua bagian tanaman seperti daun, akar, dan lainnya. Di samping itu, pupuk juga dibutuhkan untuk mendorong bunga agar mekar.

Cara terbaik adalah menggunakan pupuk berimbang yang dapat mendorong pertumbuhan lebih cepat. Anda dapat memilih baik pupuk kimia maupun pupuk organik untuk memberi makan tanaman lidah mertua. 

Sebaiknya, beri pupuk yang mengandung unsur hara makro utama untuk lidah mertua, antara lain nitrogen, fosfor, dan kalium, alias pupuk NPK.

Anda bisa menggunakan pupuk tanaman yang seimbang untuk lidah mertua, yang berarti akan ada persentase yang sama dari ketiga unsur hara makro dalam pupuk itu.

Dalam hal pemupukan lidah mertua, Anda juga bisa menggunakan pupuk yang dirancang untuk sukulen dan kaktus. Jika Anda ingin menggunakan pupuk yang dirancang khusus untuk lidah mertua, gunakan pupuk NPK 10-10-10 atau pupuk NPK 20-20-20.

Selain ketiga unsur hara utama tersebut, mungkin ada beberapa pupuk yang juga mengandung zat besi tembaga, boron, dan seng.

Ada pula pupuk organik seperti kompos cacing, tepung darah, gluten jagung tepung alfalfa yang akan bekerja dengan baik pada tanaman ini. Pupuk organik ini terdiri dari makronutrien dan vitamin dan beberapa hormon tanaman juga.

2. Seberapa sering harus memberi pupuk ke lidah mertua?

Tanaman lidah mertua tidak terlalu bergantung pada pupuk. Namun, jika Anda memberi mereka pupuk beberapa kali dalam setahun, maka tanaman ini akan cenderung tumbuh dengan baik.

Bila tanaman Anda dalam kondisi sehat, memberi pupuk setahun sekali sudah cukup.

Namun, Anda harus memberi makan tanaman lidah mertua luar ruangan sedikit lebih banyak daripada tanaman dalam ruangan karena tumbuh subur dalam kondisi lingkungan yang berfluktuasi.

Meski begitu, pastikan Anda melakukannya dalam batas wajar. Jika tanaman mendapat tingkat cahaya yang rendah, Anda perlu memberi mereka makan lebih sedikit.

3. Cara memberi pupuk ke tanaman lidah mertua

Anda harus menambahkan pupuk ke permukaan tanah tanaman. Dengan begitu, saat menyiram tanaman, akar tanaman mudah menyerap pupuk.

Jika Anda memberi pupuk pada batang atau daun tanaman, tidak akan ada gunanya. Batang atau daun tanaman lidah mertua tidak dapat menyerap pupuk apapun.

4. Pupuk untuk lidah mertua di dalam ruangan

Selain pupuk kimia tersebut di atas, ada pupuk organik seperti pupuk kandang, mulsa, kompos cacing, tepung darah, gluten jagung tepung alfalfa yang akan bekerja dengan baik pada tanaman lidah mertua yang tumbuh di dalam ruangan.

Pupuk-pupuk ini terdiri dari makronutrien dan vitamin dan beberapa hormon tanaman dan beberapa asam amino juga.

Pupuk organik terbaik adalah seperti ekstrak rumput laut, emulsi ikan karena dapat memasok nitrogen bagi tanaman. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pupuk organik serbaguna.

Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut saat memberi pupuk. Pastikan Anda memilih pupuk yang akurat dan gunakan kurang dari jumlah yang disarankan.

Selanjutnya, Anda bisa mencampurkan pupuk sekitar 1 milimeter ke dalam sekitar 3 liter air dan memanfaatkan air itu untuk memberi pupuk tanaman.

Dalam hal memberi mereka pupuk kompos, idealnya Anda harus menambahkannya segenggam secara teratur. Setelah Anda memupuknya, pastikan Anda juga menyiraminya.

5. Pupuk untuk lidah mertua di luar ruangan

Yang terbaik adalah memberi lidah mertua di luar ruangan dengan pupuk nabati serba guna di saat-saat panas. Mereka paling membutuhkan nutrisi tambahan selama periode ini.

Tahan diri menambahkan pupuk di cuaca dingin atau sejuk karena tanaman ini tidak memerlukan nutrisi tambahan selama suhu dingin.

Anda harus menuangkan pupuk langsung ke dalam botol atau wadah penyiraman. Itu bisa mengontrol jumlah pupuk dan memiliki peluang yang sangat kecil untuk membuat pupuk terbakar juga.

Jika Anda menerapkan metode ini, Anda perlu melakukannya lebih sering dibandingkan dengan metode lain. Selama musim dorman mereka, Anda tidak boleh menggunakan pupuk apa pun sementara di sisi lain, Anda dapat menyesuaikan dosis dengan mengamati kondisi tanaman.

Jika Anda menggunakan metode ini untuk memberi makan tanaman lidah mertua, Anda bisa melakukannya sebulan sekali di musim tanam.

Anda dapat menggunakan pupuk NPK 10:10:10 atau bahkan pupuk cair setengah kekuatan 20:20:20. Anda juga bisa memadukan dengan pupuk cair organik seperti teh kompos, asam humat, tepung tulang cair, rumput laut cair, dan sebagainya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/01/082517276/panduan-memberi-pupuk-tanaman-lidah-mertua-jenis-hingga-caranya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke