Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Pilihan Keramik untuk Lantai Kamar Mandi

Dilansir dari Hunker, Rabu (30/6/2021), hal pertama yang harus dipertimbangkan dalam memilih lantai kamar mandi adalah memiliki daya tahan yang kuat terhadap air. 

Selain itu, lantai juga harus tahan noda dan mudah dibersihkan. Faktor lain yang tak penting adalah keamanannya. Pilih keramik untuk lantai kamar mandi yang tidak licin ketika terkena air.

Nah, berikut ini beberapa pilihan keramik untuk lantai kamar mandi.  

Ubin porselen 

Ubin porselen adalah pilihan yang sangat baik untuk lantai kamar mandi. Porselen terbuat dari tanah liat alami yang dicampur dengan pasir, kemudian dibakar pada suhu yang sangat tinggi. 

Hasilnya, ubin memiliki tekstur sangat padat, tahan lama, serta tahan air dan noda. Ubin porselen juga diwarnai, artinya warnanya sama di seluruh ubin.

Setelah selesai, ubin porselen dibiarkan tanpa glasir untuk hasil akhir yang alami atau dilapisi dengan lapisan kaca tipis. Ubin tanpa glasir tahan selip atau licin, tetapi sedikit lebih sulit dibersihkan daripada ubin berlapis kaca. 

Keramik 

Saat berbelanja ubin porselen, Anda juga akan menemukan ubin keramik. Ubin porselen sebenarnya adalah bagian dari keramik, tetapi keduanya berbeda.

Hanya terbuat dari tanah liat tanpa tambahan pasir, ubin keramik dapat dibakar pada suhu yang lebih rendah dan tidak sekeras atau sepadat porselen.

Keramik juga berwarna putih di bawah glasir daripada berwarna seperti porselen. Jadi, ubin yang terkelupas akan menonjol. Selain itu, keramik sedikit lebih murah daripada porselen.  

Lembaran vinil 

Jika memiliki anggaran terbatas, lembaran vinil lembaran mungkin lantai terbaik untuk kamar mandi Anda. Vinil sangat tahan air dan mudah dibersihkan, menjadikannya bahan yang sangat ramah untuk kamar mandi.

Metode manufaktur modern juga memungkinkan vinil untuk meniru tampilan bahan lain. Anda dapat dengan mudah menemukan lantai vinil yang terlihat seperti kayu keras atau batu alam tanpa membayar biaya tinggi terkait dengan bahan ini. 

Keuntungan lain dari lantai ini, sesuai dengan namanya, adalah hadir dalam lembaran. Memasang lantai sebagai satu bagian berarti tidak ada jahitan atau celah yang dapat membuat air merembes. 

Batu alam 

Ubin batu bisa menjadi lantai kamar mandi yang bagus, tetapi Anda harus memilihnya dengan bijak. Sebab, batu yang sangat halus seperti marmer dapat menjadi buruk karena lantai menjadi licin saat basah. 

Anda juga harus menghindari batu berpori seperti granit dan travertine, yang membutuhkan penyegelan konstan dan cenderung menyerap air dan noda.

Jika menginginkan lantai batu, pilihan terbaik adalah batu tulis. Tersedia dalam warna dari rona kemerahan hingga hampir hitam, batu tulis kuat dan tahan lama.

Ini jauh lebih sedikit keropos daripada batu lainnya serta secara alami tahan slip saat basah. Batu tulis sangat mudah dibersihkan, hanya perlu disapu secara teratur dan sesekali dipel dengan detergen ringan. 

Ubin vinyl dan linoleum 

Ubin vinyl dan linoleum hadir dalam berbagai warna dan pola menakjubkan, mudah dibersihkan, serta memberikan ketahanan air di kamar mandi.

Kedua ubin ini juga murah dan cukup mudah dipasang sendiri. Beberapa direkatkan, sementara yang lain menggunakan perekat kupas dan tempel yang sangat mudah. 

Semua sifat ini menjadikan ubin ini pilihan yang sangat baik untuk mereka yang mempunyai anggaran terbatas atau melakukan pemasangan sendiri.

Namun, lantai ini memiliki masalah potensial yang harus diwaspadai, yakni selalu memiliki celah kecil di antara mereka.

Jika kamar mandi mengalami kebocoran dan genangan air tetap berada di lantai, sebagian darinya dapat dan kemungkinan akan merembes ke bawah ubin dan subfloor di bawahnya. Hal ini dapat menyebabkan subfloor membusuk serta jamur terbentuk di bawah lantai.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/30/152500176/5-pilihan-keramik-untuk-lantai-kamar-mandi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke