Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Benda di Rumah yang Berbahaya untuk Kucing

Seperti dilansir dari Pethelpful, Minggu (20/6/2021), kucing dapat menjelajahi setiap sudut rumah. Karena itu, penting memastikan bahwa tidak ada benda apa pun di sekitar rumah yang dapat membahayakan kucing. 

Lantas, benda apa saja di rumah yang berbahaya bagi kucing? Nah, berikut empat benda di rumah yang berbahaya untuk kucing sehingga harus dijauhkan. 

Tanaman hias

Ada beberapa tanaman beracun untuk kucing, di antaranya peace lily, tanaman giok, monstera, dan philodendron.

Karena itu, penting mengawasi kucing agar tidak memakannya karena dapat membahayakan kesehatan kucing, bahkan mengancam keselamatannya. 

Jika menduga kucing peliharaan telah memakan tanaman hias beracun, segera menghubungi dokter hewan. 

Tali atau benang 

Kucing dikenal menyukai bermain dengan bola benang. Namun, benang tersebut bisa membahayakannya karena bisa melilit leher atau badannya. Jadi, bola benang bukan mainan yang bagus untuk kucing, terlebih tanpa pengawasan.

Alasan lainnya, benang bisa tersangkut di saluran pencernaan kucing. Sebab, lidah kucing ditutupi duri dan ini membuatnya tidak bisa meludahkan sesuatu seperti tali kembali. 

Akibatnya, salah satu ujung tali tersangkut di saluran pencernaan. Tentu saja, dapat melukai kucing dan memerluka pembedahan untuk mengeluarkannya. 

Obat-obatan 

Benda di rumah yang berbahaya untuk kucing selanjutnya adalah obat-obatan. Penting menjauhkan obat-obatan dari jangkauan kucing. Sebagian besar obat manusia dapat melukai kucing apabila tertelan. 

Bahkan vitamin juga dapat berbahaya bagi kucing. Vitamin prenatal sangat berbahaya karena kandungan zat besinya yang tinggi.

Jika Anda menduga kucing telah mengonsumis obat atau vitamin manusia, segera membawanya ke dokter hewan.

Untuk itu, menjauhkan obat-obatan dari jangkauan kucing. Sebaiknya, menyimpan obat-obatan di dalam lemari yang bisa dikunci dan memastikan bahwa semua tutup pada botol obat tertutup rapat. 

Racun tikus 

Jika rumah Anda memiliki masalah hama seperti tikus, Anda mungkin tergoda menggunakan racun tikus untuk membasminya.

Namun, pikirkan dua kali hal tersebut jika Anda memiliki kucing karena racun tikus adalah salah satu benda di benda di rumah yang berbahaya untuk kucing. 

Tanda-tanda kucing mungkin telah memakan racun tikus, antara lain mudah memar, gusi berdarah atau pucat, adanya darah dalam urine, feses, atau muntah, kelesuan, sulit bernapas, dan perut membesar yang bisa jadi merupakan akumulasi darah.

Jika kucing menunjukkan gejala-gejala ini, segera membawanya ke dokter hewan. Begitu pun, apabila kucing memakan tikus yang telah memakan racun, hal itu dapat meracuni kucing juga.

Karena itu, sebaiknya mempertimbangkan umenggunakan metode lain untuk membasmi tikus di rumah. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/20/151500476/4-benda-di-rumah-yang-berbahaya-untuk-kucing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke