Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beragam Penyebab Anjing Muntah dan Cara Menanganinya

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama seperti manusia, hewan peliharaan seperti anjing dan kucing juga dapat mengalami muntah. Hal ini bisa terjadi karena makanan atau gangguan kesehatan lainnya.

Jika anjing muntah sekali atau dua kali, kemungkinan itu tidak perlu dikhawatirkan. Namun, lebih dari itu bisa menjadi tanda penyakit serius atau berpotensi mengancam nyawa yang memerlukan perhatian dokter hewan.

Dilansir dari The Bark, Jumat (28/5/2021), ada banyak penyebab anjing muntah. Ada beberapa kondisi di mana Anda bisa mengobatinya di rumah, serta ada juga kondisi di mana Anda harus segera membawa anjing ke dokter hewan.

Penyebab umum anjing muntah

Ada beberapa penyebab umum anjing muntah. Beberapa di antaranya merupakan kondisi ringan, berikut daftarnya.

1. Sakit perut

Salah satu alasan paling umum anjing muntah berupa cairan empedu kuning adalah karena kebiasaan makannya yang sembarangan, sehingga sangat umum bagi anjing untuk memakan sesuatu yang tidak tepat.

Jika anjing Anda hanya muntah satu kali tetapi terlihat bahagia dan sehat, kemungkinan dia baru saja mengalami sakit perut.


Penyebabnya mungkin masih belum diketahui, tetapi alasan umum termasuk makan terlalu cepat dan makan rumput.

2. Obstruksi benda asing

Anjing bisa saja memakan barang yang tidak bisa dimakan seperti sampah, plastik, kaus kaki, tulang ayam, dan kotoran kucing.

Perilaku ini umum terjadi pada anjing muda dan ras tertentu, mungkin karena penasaran.

Sementara beberapa benda dapat melewati saluran usus tanpa masalah, yang lain dapat tersangkut, dengan cepat mengarah ke pembedahan darurat.

Pencegahan adalah yang terbaik, jadi jauhkan benda yang berpotensi berbahaya bagi anjing dan pertimbangkan metode pelatihan untuk mencegah anjing makan benda yang tak seharusnya.

3. Keracunan

Selain racun yang lebih jelas seperti racun tikus atau umpan siput, Anda mungkin terkejut menemukan bahwa banyak barang rumah tangga biasa sebenarnya beracun bagi anjing.

Anjing bisa saja makan kopi, cokelat, uang logam, dan bahkan tanaman umum yang sangat beracun bagi anjing dan menyebabkan muntah.

Ada juga beberapa hal yang mungkin tampak beracun padahal sebenarnya tidak berbahaya seperti KB atau krim topikal. Jika ragu, sebaiknya hubungi dokter hewan.

4. Pankreatitis

Pankreatitis adalah peradangan pankreas yang disebabkan oleh banyak hal, termasuk makan makanan berlemak.

Salah satu tanda pertama pankreatitis pada anjing adalah muntah dan kehilangan nafsu makan.

Kabar baiknya adalah bahwa dengan perawatan di dokter hewan, kebanyakan anjing sembuh total dari pankreatitis akut.

5. Penyakit radang usus

Penyakit radang usus adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan peradangan kronis pada saluran gastrointestinal (GI).

Anjing dengan penyakit radang usus menunjukkan gejala muntah kronis, diare, dan nafsu makan yang buruk. Meskipun penyebabnya biasanya tidak diketahui, hal ini mungkin disebabkan oleh makanan, parasit, atau bakteri.

6. Kembung

Kembung adalah kondisi yang sangat serius ketika perut anjing terisi udara yang menyebabkan perut mengembang dan berpotensi melintir.

Gejala kembung yang jelas adalah muntah, khususnya pada anjing yang tampak sangat mual dan muntah tetapi hanya sedikit yang muncul.

Seekor anjing yang kembung bisa mati dalam beberapa jam tanpa perawatan dokter hewan, jadi jika ragu segera hubungi dokter hewan.

Ini hanyalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan anjing muntah. Jika Anda khawatir tentang kondisi anjing Anda yang muntah, segera konsultasikan dengan dokter hewan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/28/084500376/beragam-penyebab-anjing-muntah-dan-cara-menanganinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke