Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Cara Termudah Menghilangkan Bau Tak Sedap di Kamar Mandi

JAKARTA, KOMPAS.com--Kamar mandi seringkali menjadi salah satu tempat yang memiliki bau khas yang tidak sedap.

Hal ini sebenarnya wajar terjadi mengingat di sinilah kita membersihkan tubuh dari segala kotoran.

Namun, bau tak sedap pada kamar mandi bisa diminimalisir dengan melakukan beberapa langkah. 

Berikut adalah delapan cara efektif untuk menghilangkan bau dari kamar mandi seperti dilansir dari Bobvila, Sabtu (22/5/2021).

1. Gunakan pembersih alami

Perlengkapan pembersih komersial meninggalkan residu kimiawi yang kental di udara. Daripada menutupi bau busuk, netralisasi dengan menggunakan bahan pembersih alami yang dibuat dengan soda kue, cuka, dan jus lemon.

Di sela-sela pembersihan, tinggalkan wadah terbuka berisi soda kue di kamar mandi untuk membantu menyerap bau tak sedap.


Banyak penyegar udara mengandung ftalat, PEG-40, 1,4-DCB, dan senyawa beracun lainnya. Untuk menghindarinya, buat semprotan kamar sendiri dengan mencampurkan 3/4 cangkir air, dua sendok makan alkohol gosok, dan lima hingga enam tetes minyak esensial seperti jeruk, lavender, mint, grapefruit, atau lemon verbena dalam delapan ons. botol semprotan. 

3. Coba gunakan arang bambu

Arang bambu adalah produk ramah lingkungan yang dapat menyerap bau dan bahan kimia berbahaya. Ini memiliki manfaat tambahan untuk menghilangkan kelembapan udara, yang meminimalkan jamur dan lumut.

Carilah pewangi dan produk lain dengan bahan bermanfaat ini, dan tempatkan di dalam kamar mandi untuk memberikan kesegaran. 


Untuk keharuman yang nyaman, simpan lilin aroma terapi dan korek api di kamar mandi, dan nyalakan sekitar satu jam sebelum tamu datang. Berhati-hatilah dengan nyala api dan jangan letakkan lilin di dekat tirai kamar mandi, handuk, atau benda mudah terbakar lainnya.

5. Bersihkan secara teratur

Seperti debu, aroma cenderung menumpuk seiring waktu. Cegah bau dengan membersihkan sikat toilet menggunakan pemutih, menggosok mangkuk toilet secara teratur, dan mengelap lantai serta wastafel untuk menghilangkan rambut dan bulu yang menumpuk.

 


Untuk meningkatkan aliran udara dan menetralkan bau, jaga agar jendela kamar mandi selalu memiliki ventilasi. Pemilik rumah juga dapat memasang exhouse fan, dan pastikan untuk menggunakannya.

Untuk solusi yang cepat dan mudah, belilah exhouse fan portabel kecil untuk dihubungkan ke soket kamar mandi.


Beberapa pembersih mengklaim dapat menghilangkan jamur dan lumut dari permukaan kamar mandi, tetapi juga meninggalkan bau menyengat yang dapat menyebabkan sakit kepala dan risiko kesehatan lainnya.

Hilangkan jamur secara alami dengan menyemprotkan cuka murni ke area yang terkena.

Tunggu satu jam, lalu bilas dengan air panas dan keringkan dengan handuk.

Tidak ada kekurangan pembersih udara di pasaran. Produk praktis ini dapat membersihkan udara dari bakteri, virus, debu, bulu, serbuk sari, dan alergen lainnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/22/125636876/8-cara-termudah-menghilangkan-bau-tak-sedap-di-kamar-mandi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke