Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tips Mudah agar Bibit Bunga Adenium Tumbuh Subur dan Bebas Penyakit

KOMPAS.com- Adenium atau kamboja Jepang merupakan tumbuhan berbunga yang termasuk dalam keluarga Apocynaceae.

Spesies tanaman hias ini memiliki ciri batang yang besar, tidak berkambium, bentuk daunnya lonjong, runcing, kecil, dan bunganya berwarna-warni. 

Menanam bunga adenium dari bibit bukanlah hal mudah. Perawatan yang tidak tepat bisa menyebabkan bibit adenium membusuk bahkan tidak tumbuh sehat sehingga sulit berbunga.

Agar hal itu tak terjadi pada tanaman bunga adenium milikmu, melansir dari kanal Youtube Belajar Bonsai Murah, Rabu (12/05/2021), berikut cara menanam dan merawat bibit bunga adenium agar tumbuh subur, sehat, serta bebas penyakit dan hama.

1. Persiapkan Bibit

Langkah pertama yang harus dilakukan ialah persiapkan bibit bunga adenium berusia minimal 1 bulan.

Agar bibit tumbuh subur dan sehat, hal yang tak boleh dilalaikan ialah memperhatikan media tanam awal.

Pastikan untuk menggunakan media tanam baru dan steril, artinya terbebas dari bibit hama dan penyakit.

3. Siram Bibit Pagi atau Sore Hari

Jangan lupa untuk menyiram bibit pada pagi atau sore hari menggunakan semprotan berkabut atau halus, serta selalu jaga kelembapan bibit tanaman.


4. Sinar Matahari

Jemur bibit di bawah sinar matahari pada 2-3 minggu pertama di bawah jam 08.00. Lalu, pada 1-2 minggu berikutnya, naikkan intensitas sinar matahari yang diberikan.

Misalnya, menjemur bibit dari jam 07.00-09.00. Lakukan cara ini pada minggu-minggu berikutnya secara rutin.

Agar bibit adenium subur dan sehat, teknik pemupukkan tak kalah penting. Berikut ini langkah-langkah pemupukkan bibit bunga adenium:

  • Siapkan pupuk mutiara atau pupuk NPK 16-16-16.

    6. Pencegahan dan Pengendalian Hama dan Penyakit

    Untuk mencegah bibit terkena penyakit, kamu bisa merendam bibit menggunakan dosis terendah yakni dengan takaran 1 gram/1 ml pupuk untuk 1 liter air per dua minggu sekali jika diperlukan.

    Hindari penggunaan sisa pupuk cair untuk pembibitan baru. Hal ini dilakukan agar tanaman bibit baru tidak tertular hama dan penyakit dari tanaman bibit sebelumnya.


    Itulah lima tips agar bibit bunga adenium tumbuh subur dan sehar. Untuk hasil akan bervariasi tergantung jenis bibit yang digunakan. Misalnya, bunga adenium jenis obesum pertumbuhannya cenderung lebih lambat dibandingkan jenis lainnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/12/162000676/6-tips-mudah-agar-bibit-bunga-adenium-tumbuh-subur-dan-bebas-penyakit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke