Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui, 7 Penyebab Mesin Cuci "Nyetrum"

JAKARTA, KOMPAS.com - Semakin lama digunakan, mesin cuci yang Anda miliki di rumah pada akhirnya bisa mengalami berbagai masalah kerusakan, salah satunya adalah menyetrum.

Berbagai jenis mesin cuci memiliki kemungkinan untuk bisa menyetrum pada bagian tabung, air dan bodi, sehingga akan membuat seseorang terkejut

Apabila kamu adalah seseorang yang ketergantungan dengan mesin cuci, Anda harus tahu ragam penyebab mesin cuci nyetrum ini.

Dilansir dari berbagai sumber,  berikut ini ragam penyebab mesin cuci menyetrum dan solusinya.

1. Kerusakan kabel

Dikutip dari Appliance NJ, hal pertama yang perlu diperhatikan saat mesin cucimu memberimu sengatan listrik, adalah kondisi kabel mesin cuci.

Jika kabelnya sudah rusak atau bermasalah dan itu terlihat jelas, maka mesin cuci tersebut berbahaya untuk digunakan.

Kontak langsung dengan permukaan yang bermuatan listrik dapat menyebabkan sengatan listrik yang serius dan membahayakan.

2. Kerusakan pada bagian dalam mesin cuci

Alasan kedua mesin cuci menyentrum mungkin terletak pada kerusakan elemen pemanas atau kerusakan mesin di mesin cuci.

Hanya teknisi yang sangat terampil yang dapat mengidentifikasi dan memperbaiki kerusakan ini.

3. Mesin cuci diletakkan di tempat lembap


Mesin cuci bisa memberikan kejutan listrik jika berada di tempat yang lembap. Jika mesin cuci diletakkan di kamar mandi, Anda harus tahu bahwa ini adalah tempat dengan kelembapan yang meningkat.

4. Kerusakan pada mesin pengering

Kerusakan komponen pada pengering mesin cuci biasanya akan menyebabkan sengatan listrik keluar dari mesin. Karena berada di bagian dalam mesin, kerusakan mesin pengering memerlukan bantuan teknisi servis yang kompeten.


 Jika Anda menyentuh mesin cuci dengan tangan basah, Anda mungkin akan merasakan sedikit setruman seperti kesemutan.

5. Stop kontak di dinding bermasalah

Dikutip dari White Goods Help, kemungkinan mesin cuci menyetrum adalah karena stop kontak di dinding yang rusak.

Jelas Anda tidak boleh main-main dengan soket di dinding. Jika kamu mencurigai stopkontak dinding rusak, hubungi teknisi listrik, bukan teknisi peralatan.

6. Pemasangan kabel grounding keliru

Tidak adanya kabel grounding atau pemasangannya yang keliru kerap menjadi penyebab mesin cuci menyetrum. Grounding aadalah sistem pentanahan yang terpasang pada suatu instalasi listrik.

Grounding bekerja untuk meniadakan beda potensial dengan mengalirkan arus sisa dari kebocoran tegangan atau arus dari sambaran petir ke bumi.

Biasanya, kabel power mesin cuci memiliki 3 kabel dengan warna kuning, merah, biru, atau juga hitam, biru, dan hijau. Kabel warna kuning atau hijau itu biasanya kabel grounding, yang dikaitkan ke bodi mesin cuci.


Saat kabel grounding tidak ada atau dipasang dengan benar, hal itu bisa menyebabkan mesin cuci menyetrum.

7. Motor dinamo terbakar

Sebuah mesin cuci umumya menggunakan motor dinamo yang berfungsi sebagai penggeraknya. Namun, motor dinamo ini bisa terbakar jika terlalu panas akibat penggunaannya yang terlalu lama.

Akibatnya, motor dinamo yang terbakar juga bisa menyebabkan mesin cuci menyetrum, karena terjadinya korsleting listrik di dalam motor dinamo tersebut. Ketika Anda mencium bau gosong pada mesin cuci, itu bisa menjadi tanda-tanda motor dinamo terbakar.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/03/160000576/ketahui-7-penyebab-mesin-cuci-nyetrum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke