Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Furnitur Kayu agar Tampak Selalu Baru

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain memiliki daya tahan yang lama, desain yang tak lekang oleh waktu menjadi daya tarik furnitur kayu untuk dimiliki. Namun, meskipun furnitur kayu memiliki daya tahan yang kuat dan lama, Anda harus mengetahui cara membersihkan furnitur kayu dengan benar.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Minggu (2/5/2021), meskipun mungkin tampak rumit untuk membersihkan kayu, pendekatan sederhana selalu yang terbaik.

Sebagai permulaan, saat membeli furnitur kayu baru, selalu tanyakan tips kepada penjualnya tentang cara merawat furnitur tersebut.

Karena setiap lapisan, noda, dan jenis kayu berbeda, sulit untuk menggunakan cara yang sama untuk semua dalam membersihkan furnitur kayu.

Akan tetapi, aturan praktisnya adalah mulai dengan larutan pembersih paling lembut terlebih dahulu dan lakukan sesuai kebutuhannya.

Berikut beberapa langkah-langkah untuk membersihkan furnitur kayu. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Cara membersihkan furnitur kayu

Mulailah dengan menyeka furnitur kayu Anda dengan kain mikrofiber yang nyaris tidak basah untuk menghilangkan debu dan kotoran.

Agar air mengendap di atas kayu, jadi segera seka dengan kain mikrofiber kering lainnya. Untuk membersihkan debu secara teratur, lap cepat dengan kain mikrofiber sudah cukup.

Jika furnitur kayu Anda memiliki bintik-bintik dengan residu lengket, tambahkan setetes sabun cuci piring ke kain mikrofiber dan cobalah di bagian furnitur kecil yang tidak terlihat untuk memastikan hasil akhir yang bagus.

Campurkan beberapa tetes sabun cuci piring dengan secangkir air dan oleskan dengan lembut pada bagian yang memiliki residu lengket itu. Hindari merendam kayu dalam air, dan setelah noda dibersihkan, seka area tersebut hingga kering dengan kain mikrofiber lain.

Tergantung pada furnitur kayu Anda, Anda mungkin perlu mengoleskan lilin khusus furnitur kayu untuk melindunginya dan membantu menjaga kilaunya. 

Dengan menggunakan kain katun tipis, aplikasikan lilin semi padat (tanpa silikon) pada furnitur kayu. Biarkan pasta lilin menempel di permukaan kayu selama beberapa menit sebelum menggosoknya dengan kain mikrofiber bersih.

Seperti yang disebutkan di atas, selalu mulai dengan metode pembersihan yang paling tidak merusak terlebih dahulu dan uji sebelum menerapkannya ke seluruh bagian.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/02/074000276/cara-membersihkan-furnitur-kayu-agar-tampak-selalu-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke