Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Keuntungan Rumah Menggunakan Jendela Berengsel

JAKARTA, KOMPAS.com - Jendela berengsel telah menjadi favorit sepanjang masa pada sebuah bangunan rumah, bukan jendela geser.

Jika kamu berpikir untuk membuat beberapa perubahan di sekitar rumahmu, mungkin kamu ingin tahu lebih banyak tentang sistem jendela yang menarik ini.

Jendela engsel menawarkan banyak keuntungan, yang akan dijelaskan pada artikel kali ini, dilansir dari Decor Tips, Sabtu (10/4/2021).

Jendela berengsel akan membuat hidupmu lebih mudah dalam hal udara masuk dan kebersihan. Ingin tahu lebih banyak?

Apa itu jendela berengsel?

Jendela berengsel adalah jendela yang dipegang oleh satu atau lebih engsel di sampingnya. Engsel ini bisa ditemukan di sudut atas, di sudut bawah, atau di tengah bingkai jendela.

Jendela berengsel juga dikenal sebagai jendela tingkap, karena bisa dibuka ke samping atau secara vertikal.

Salah satu keuntungan utama menggunakan jendela berengsel adalah menawarkan bukaan total yang lebar dan penutup kedap udara yang tahan terhadap perubahan suhu, dan mengisolasi kebisingan luar.

Karakteristik sistem jendela berengsel

Jika tidak tahu jendela apa yang akan kamu gunakan untuk rumahmu, mungkin daftar kelebihan dan kekurangan dari jendela berengsel akan membantumu untuk dapat memutuskan.

Kelebihan jendela berengsel

Sistem jendela jenis ini terbuka lebar, yang berarti kamu dapat menikmati pemandangan dan udara rumahmu. Karena kamu dapat mengakses kedua sisi jendela, jendela berengsel lebih mudah dibersihkan.

Keuntungan lainnya adalah jendela berengsel merupakan sistem jendela yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, yang membuat harga bersaing dan perbaikan lebih mudah.

Di sisi lain, mereka menawarkan insulasi termal dan kontrol kebisingan yang bagus berkat penutupan sekejap, yang secara tak langsung dapat menghemat listrik, pemanas, atau AC.

Rumahmu akan menjadi hangat selama musim dingin dan sejuk di musim panas ketika menggunakan jendela berengsel.

Kekurangan jendela berengsel

Jika kamu memiliki apartemen kecil, jendela ini mungkin bukan pilihan yang tepat untukmu, karena kamu perlu memiliki banyak ruang untuk membukanya.

Juga, perlu diingat bahwa tidak boleh ada furnitur apa pun di jalurnya. Jendela ini tidak berukuran besar, jadi jika jendelamu besar, lebih baik pilih yang lain.


Jenis jendela berengsel

Bergantung pada jenis bukaan, ada berbagai jenis penahan yang membuat jendela terbuka dengan satu atau lain cara.

Penting bagimu untuk mengetahui hal ini, sehingga kamu dapat memilih dengan benar yang paling sesuai dengan rumahmu.

Jendela ayun

Ini adalah jendela yang memiliki engsel vertikal di sisinya. Bukaannya horizontal, mengarah ke luar atau ke dalam. Ini adalah sistem yang sangat populer karena bisa ganda atau tunggal.

Jendela aksi ganda

Dalam hal ini, engsel berada di bagian horizontal jendela. Ini memungkinkan mereka untuk membuka dengan sedikit kemiringan ke arah luar atau dalam.

Ini menciptakan bukaan yang bagus untuk membuat sirkulasi udara ke dalam ruangan tanpa membuka jendela sepenuhnya.

Jendela miring dan putar

Jendela ini merupakan kombinasi dari dua jenis engsel lainnya. Engselnya terletak secara vertikal dan horizontal. Ini sangat populer karena kamu bisa bermain dengan caramu membuka jendela.

Jendela berengsel lebih praktis

Jendela pivot digantung

Cobalah membayangkan sebuah pintu putar. Begitulah cara kerja jendela ini. Engsel berada di poros tengah jendela dan penyangga, dan berputar mengelilinginya.

Jendela yang dapat dimiringkan

Ini seperti jendela pivot, tetapi porosnya horizontal. Mereka kebanyakan terlihat di atap dan loteng.

Jendela proyeksi

Jenis jendela berengsel praktis ini memiliki bukaan ke luar dan sistem lengan dorong yang menahannya pada sudut 45°. Ini sebagian besar digunakan di kantor.


Jika kamu ingin melihat tampilan jendela ini dan menghitung anggaranmu di sekitarnya, selalu konsultasikan dengan ahlinya.

Lebih baik mencari nasihat profesional untuk menghindari membuat kesalahan. Sistem jendela yang baik tidak hanya akan membuat rumahmu terlihat lebih baik, tetapi juga akan membantumu menghemat uang.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/10/080700576/ini-keuntungan-rumah-menggunakan-jendela-berengsel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke