Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Cara Membuat Ruang Tamu Bergaya Urban Boho

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaya bohemian atau boho bisa menjadi pilihan tepat untuk ruang tamu di rumahmu, tempat di mana kamu mungkin akan menghabiskan banyak waktu luang.

Desain ruang tamu bergaya urban boho menghadirkan suasana hangat dan nyaman, sehingga tamu yang berkunjung akan merasa disambut.

Urban boho sendiri adalah versi terbaru dari gaya desain yang terasa sedikit lebih segar dan modern, sehingga ini bisa kamu terapkan di ruang tamu.

Apakah kamu ingin mendekorasi ruang tamumu dengan gaya urban boho, tetapi tidak tahu harus mulai dari mana?

Jika iya, berikut ini adalah 10 cara terbaik untuk menciptakan ruang tamu bergaya urban boho, dilansir dari Deco Holic, Selasa (30/3/2021).

1. Bereksperimen dengan bahan

Gaya urban boho bukanlah tentang kesempurnaan, ini tentang kesenangan dan perasaan nyaman, seperti yang seharusnya kamu rasakan di rumah.

Saat mendekorasi ruang tamu boho gaya perkotaan, lanjutkan dan bereksperimenlah dengan bahan.

Jangan takut untuk menggunakan bahan yang berbeda, meskipun ruang yang kamu miliki agak terbatas. Permadani Persia warna-warni, tirai boho terang, bantal dengan motif bunga bisa sempurna.

2. Siapkan beberapa bantal lantai

Jika kamu pernah mengunjungi bar bergaya boho, kamu mungkin menikmati kopi sambil duduk di atas bantal yang nyaman di lantai.

Mengapa tidak menciptakan pengalaman yang sama di rumahmu? Tentu bukan berarti kamu harus mengganti kursi atau sofa kesayanganmu, tapi kamu bisa membeli beberapa bantal lantai dan melihat bagaimana rasanya.

Ini mungkin juga menjadi tempat favoritmu untuk minum kopi atau teh di pagi hari, untuk membaca buku, atau hanya bersantai.

3. Sumber cahaya yang berbeda

Sulit membayangkan ruangan bergaya boho yang hanya memiliki satu sumber cahaya. Penting untuk memiliki sumber cahaya berbeda yang akan membantumu menciptakan suasana yang kamu inginkan.

Apakah kamu ingin menghabiskan malam yang romantis bersama pasangan dan embaca buku di hari Sabtu yang nyaman? Atau mengadakan pesta di rumah?

Kamu dapat memilih liontin, lampu gantung, dan bahkan lampu tali, apa pun yang kamu suka.

4. Belilah permadani gaya persia

Jika kamu membutuhkan satu detail yang akan mengubah ruang tamumu menjadi surga boho, mengapa kamu tidak memilih permadani bergaya Persia yang nyaman?

Mereka dapat ditemukan dalam berbagai ukuran dan bentuk, dan kamu dapat menemukan desain apa pun yang kamu inginkan.


Kamu bisa memasangkannya dengan bantal atau menciptakan kontras dengan menggunakan warna berlawanan. Ingat, jangan takut bereksperimen.

5. Dinding fitur boho

Kamu dapat memilih gaya urban boho untuk fitur dindingmu. Anda dapat memilih dinding di belakang TV atau dinding tempat menggantung cermin.

Beli wallpaper bergaya boho, ada bermacam-macam dan setiap orang dapat menemukan sesuatu yang sesuai dengan ruang tamu mereka.

Atau, jika kamu merasa kreatif, kamu bahkan dapat membuat seni dindingmu sendiri dengan macrame dan cermin kecil.

6. Pilihlah bahan alami

Desain ruang tamu urban boho harus mengandung furnitur kayu yang alami. Kamu bisa memilih rak buku dan meja kopi yang terbuat dari kayu ringan karena membuat ruangan terlihat lebih besar dan lega.

Jenis furnitur ini mudah dipadukan dengan detail boho yang berbeda, yang berarti kamu dapat sering mengubah dekorasi tanpa harus membeli furnitur baru.

7. Pajang koleksi foto di dinding

Jadikan pribadi. Ruang tamumu harus menceritakan kisah keluargamu dan saat-saat bahagiamu.

Kamu dapat meletakkan foto-foto dari perjalanan hidup keluargamu, ulang tahun, hari jadi, kelulusan, dan sebagainya. Letakkan kolekso foto tersebut di dinding, dan setiap kali kamu melihatnya, kamu akan dipenuhi dengan energi positif.

8. Detail bunga

Jika kamu tidak yakin jenis cetakan yang tepat untuk ruang tamu boho, pilihlah motif bunga dan detail bunga.

Itu selalu merupakan pilihan yang baik dan ada berbagai dekorasi, permadani, dan bantal dengan motif ini di atasnya. Hal terbaiknya adalah kamu tidak harus puas hanya dengan satu motif bunga, kamu dapat menggabungkan lebih banyak lagi.

9. Lilin

Siapa yang tidak suka lilin? Lilin boho selalu merupakan ide yang bagus karena merupakan dekorasi rumah yang indah.

Tapi ada lebih dari itu, mereka menciptakan suasana khusus di malam hari sehingga kamu dapat bersantai dan rileks sebelum tidur.

10. Dapatkan beberapa tanaman

Sulit membayangkan ruang tamu dekorasi urban boho yang tidak memiliki banyak tanaman. Tanaman memberi kehidupan pada setiap ruangan dan menciptakan suasana santai.

Dalam gaya boho, sebaiknya pilih tanaman besar, terutama jika kamu memiliki ruang tamu yang luas.

Jika tidak memiliki ruang untuk tanaman besar, kamu dapat bereksperimen dengan tanaman boho lucu yang lebih kecil dan membuat setidaknya satu sudut yang didedikasikan untuk alam, di tempat kamu dapat bersantai.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/30/155600876/10-cara-membuat-ruang-tamu-bergaya-urban-boho

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke