Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Daun Pohon Mawar Berlubang Hitam? Ini Penyebab dan Solusinya

JAKARTA, KOMPAS.com - Hama dan penyakit merupakan dua faktor yang dapat memengaruhi pertumbuhan tanaman, seperti penyakit jamur yang umum menyerang berbagai tanaman.

Jika tanaman terserang jamur, akan mengalami berbagai macam keluhan salah satunya munculnya bintik hitam.

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (6/3/2021), bintik hitam merupakan penyakit jamur (Diplocarpon rosae) yang biasanya menyerang bunga mawar.

Jamur berkembang menjadi bintik hitam pada daun, yang akhirnya menyebabkan daun menguning dan rontok.

Selain terlihat tidak enak dipandang, hal itu dapat melemahkan tanaman mawar secara serius. Bintik hitam tumbuh subur selama cuaca sejuk dan lembap, sedangkan panas saat musim panas yang ekstrim membatasi penyakit.

Menyebar ke seluruh daun

Bintik hitam akan terlihat seperti bintik hitam melingkar pada daun. Biasanya terdapat di sisi atas daun, tetapi bisa juga berkembang di sisi bawah.

Tepi luar lingkaran hitam tidak rata atau berbulu dan biasanya dikelilingi oleh lingkaran kuning.

Bintik-bintik biasanya dimulai di daun bagian bawah dan bergerak ke atas. Mereka bisa muncul sedini mungkin saat daun pertama kali terbentang.

Bintik-bintik ini bisa membesar dan akhirnya bergabung dan semakin menutupi permukaan daun. Daun yang terkena sering rontok dari tanaman dan jika dibiarkan, seluruh daun akan berguguran. 

Jamur juga dapat menginfeksi batang muda, menyebabkan lecet ungu tua atau hitam pada batang, bahkan bunganya mungkin menunjukkan bercak merah.

Tanaman yang terinfeksi akan menghasilkan lebih sedikit kuncup bunga dan tanpa daun, tanaman menjadi stres dan rentan terhadap lebih banyak masalah penyakit lainnya.


Kontrol lingkungan

Meskipun tidak ada obat untuk daun yang terinfeksi, noda hitam dapat dicegah. Spora yang ada bertahan di suhu dingin pada daun dan menunggu kondisi yang menguntungkan.

Spora berkecambah di musim semi dan disebarkan dengan percikan air ke tanaman. Spora harus dibasahi terus menerus selama 7 jam sebelum terjadi infeksi.

Spora mengembangkan tubuh buah, yang disebut acervuli, di lesi hitam. Ini menghasilkan spora yang memercik ke jaringan baru, menyebarkan penyakit.

Berikan kondisi tumbuh yang ideal bagi tanaman

Tanaman yang sehat dan kuat tidak terlalu rentan terhadap penyakit, sehingga membuat tanaman tetap sehat menjadi salah satu solusinya. Perhatikan penyiraman, pemupukan, dan lokasi penempatan tanaman ini.

Mawar lebih menyukai lokasi yang cerah dengan tanah yang kering dan penyiraman mingguan yang teratur.

Tanam mawar di tempat mereka menerima sinar matahari pagi, yang membantu mengeringkan kelembapan dari daun. Matahari penuh sepanjang hari adalah yang terbaik untuk mawar bisa tumbuh dengan baik.

Aliran udara yang baik

Hindari menanam mawar terlalu dekat dengan tanaman lain agar mawar memiliki sirkulasi udara yang baik.

Pangkas untuk membuka celah di antara batang, jika tanaman terlalu padat, udara tidak bisa masuk. Dengan memberikan sirkulasi udara yang baik dan memastikan batang tidak bersilangan, noda hitam akan lebih sulit menyebar.

Penyiraman yang tepat

Hindari membasahi daun saat menyiram. Tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hujan, tetapi hindari penyiram di atas kepala dan fokuskan air langsung ke akar tanaman.

Pemangkasan

Buang daun yang terinfeksi dan selalu lakukan pembersihan menyeluruh. Buang daun yang tersisa saat Anda melakukan pemangkasan yang tidak aktif.

Spora dapat tertinggal di daun dan batang dan dapat menginfeksi kembali kapan pun kondisinya mendukung.


Dalam 10 hari sejak gejala pertama, penyakit sudah mulai menyebar. Spora menyebar melalui air. Pangkas semua batang yang menunjukkan tanda-tanda infeksi.

Pangkas 6 hingga 8 inci di bawah infeksi dan pangkas hanya dalam cuaca kering. Disinfeksi pemangkas Anda dengan larutan pemutih 10 persen atau alkohol di antara pemotongan.

Buang daun dan batang yang terinfeksi jangan membuat kompos, karena spora dapat menginfeksi kembali tanaman. Pastikan juga untuk membersihkan daun yang gugur, dan buang dengan benar.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/06/184400276/mengapa-daun-pohon-mawar-berlubang-hitam-ini-penyebab-dan-solusinya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke