Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Dapur, Ada yang Bisa Dimakan

JAKARTA, KOMPAS.com - Meletakkan tanaman hias di dalam rumah tidak melulu hanya di ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, atau kamar mandi. Tanaman hias juga cocok diletakkan di dapur. 

Tidak hanya sebagai dekorasi ruangan, tanaman hias juga mampu membersihkan udara di dapur. Selain itu, beberapa jenis tanaman hias tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan pelengkap masakan. 

Nah, apa saja tanaman hias yang cocok diletakkan di dapur? Dilansir dari Treehugger, Rabu (3/3/2021), berikut daftarnya. 

1. Sirih gading

Sirih gading atau pothos memiliki banyak manfaat. Dalam penelitian NASA disebutkan, tanaman ini adalah salah satu tanaman hias yang mampu membersihkan udara dari polutan. 

Bill Wolverton, mantan ilmuwan riset NASA yang melakukan studi tanaman tahun 1989, mengatakan kepada Time, ia biasanya merekomendasikan sirih gading sebagai tanaman pembersih udara karena popularitasnya dan mudah dirawat. 

Karena dapur, terutama dengan produk pembersih dan pemasakan gasnya, dapat menjadi tempat yang penuh asap dan polutan, sirih gading dapat berfungsi dengan baik.

Namun, tanaman ini beracun untuk kucing dan anjing.

2. Lidah buaya

Lidah buaya sangat cocok untuk diletakkan dapur. Tanaman ini sangat kuat dan mudah dirawat, dan gelnya terbukti cepat meredakan luka bakar ringan. 

Selain itu, lidah buaya juga mampu membantu menjernihkan udara. Akan tetapi, sama seperti sirih gading, tanaman ini agak beracun untuk kucing dan anjing.


3. Tanaman besi atau cast iron plant

Tanaman ini tahan lama seperti namanya, dapat menangani berbagai hal ekstrem dan tidak mudah mati. Anggota keluarga lily ini berasal dari China dan akan mencapai ketinggian sekitar 60 cm. 

Salah satu kelebihannya adalah tidak beracun bagi anjing dan kucing.

4. Nasturtium

Tanaman ini memang kurang lazim dijadikan tanaman hias, namun dapat tumbuh subur dalam pot di ambang jendela.

Tidak hanya penampilan dan warnanya yang begitu ceria, tapi bunganya juga bisa dimakan. 

Ya, bunga nasturtium bisa dimakan, daunnya bisa ditambahkan ke salad, dan bahkan biji polongnya bisa dijadikan acar.

Selain bisa menjadi bahan pelengkap makanan, tanaman ini juga tidak beracun untuk kucing dan anjing.

5. Rosemary

Tanaman ini cocok diletakkan di dapur, karena indah dan harum. Selain itu, alih-alih perlu membeli dalam jumlah besar di pasar, Anda dapat memotong sedikit sesuai kebutuhan. 

Tanaman ini pun dapat digunakan sebagai bumbu masakan dan bunganya juga enak. Jika Anda tidak menyukai rosemary, pertimbangkan untuk juga menanam timi atau oregano. 

Rosemary adalah salah satu tanaman yang tidak beracun bagi kucing dan anjing.

6. English ivy

Tanaman ini mampu membersihkan udara dan penampilannya pun cantik. English ivy mudah tumbuh di dalam ruangan dan tersedia dalam banyak varietas. 

Tanaman ini cocok dijadikan tanaman gantung. Ini pun merupakan cara yang baik untuk menjauhkannya dari kucing dan anjing, karena beracun.

7. Cilantro atau ketumbar

Tanaman ini cocok ditanam di pot dan diletakkan di ambang jendela. Selain itu, tanaman ini juga dapat dijadikan sebagai bumbu dapur dan hiasan hidangan. 

Selain cilantro, Anda juga bisa menanam tanaman bumbu dapur lainnya seperti basil atau mint. 

8. Bromeliad

Setelah penelitian NASA, sekelompok ilmuwan lain mengamati sifat-sifat pemurni udara dari tumbuhan tertentu.

Mereka menemukan bromeliad mampu menghilangkan enam dari delapan polutan yang mereka uji, mengambil lebih dari 80 persen masing-masing selama periode pengambilan sampel 12 jam. 

Bromeliad adalah tanaman yang indah dan bagus untuk menambahkan sedikit sentuhan tropis ke dapur yang cerah. Tanaman ini tidak beracun bagi kucing dan anjing.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/03/080000876/8-tanaman-hias-yang-cocok-diletakkan-di-dapur-ada-yang-bisa-dimakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke