Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lakukan 5 Hal Berikut Ini Sebelum Rumah Sulit Dibersihkan

JAKARTA, KOMPAS.com — Membersihkan rumah secara menyeluruh dan mendalam merupakan pekerjaan yang melelahkan dan tentu sangat kotor, namun harus tetap dilakukan.

Terutama jika beberapa bagian rumah tidak dibersihkan dalam waktu yang lama. Selain itu, barang-barang ini juga bisa rusak karena terlalu kotor.

Berikut adalah lima hal yang sebaiknya kamu bersihkan secara teratur agar tak terlalu sulit untuk dibersihkan seperti dikutip dari Better Homes and Gardens, Rabu (10/2/2021).

1. Kumparan kulkas

Kumparan kondensor yang berdebu membuat lemari esmu bekerja lebih keras. Kotoran ini membuat kulkas kurang hemat energi dan memperpendek masa pemakaiannya

Perhatikan bahwa beberapa lemari es memerlukan teknik pembersihan khusus; yang lainnya harus dibersihkan oleh seorang profesional. Lihat buku manual pemilik sebelum mulai.

Kapan harus dibersihkan? Sebaiknya lakukan dua kali setahun atau lebih sering lagi jika kamu memiliki hewan peliharaan.

Cara membersihkannya, temukan kumparannya. Kumparan biasanya ditutupi oleh panel di bagian depan bawah atau di belakang lemari es berdiri bebas dan di bagian atas model built-in. Cabut lemari es atau matikan listrik. Jika bukan model built-in, tarik dari dinding belakang.

Lepaskan panel pelindung, kenakan masker debu, dan kikis. Tindak lanjuti menggunakan lampiran alat celah pada vacuum cleaner.

2. Filter mesin cuci

Apakah mesin cucimu memiliki filter serat atau filter pompa pembuangan? Kamu akan menemukan jawabannya di buku manual pemilik.

Kamu harus membersihkannya sebulan sekali. Pada mesin cuci bukaan atas, filter serat mungkin berada di dalam drum atau di belakang. Sebagian besar filter serat dapat dilepas dan dibilas dengan air panas.

Filter dan selang pompa pada mesin cuci front loader biasanya berada di bagian depan. Letakkan handuk di bawah panci dangkal di lantai, lalu lepas sumbat selang dan biarkan air mengalir ke dalam panci.

Kemudian lepaskan filter pompa pembuangan secara perlahan (air mungkin mengalir atau menetes keluar) dan tarik keluar.


Setelah melakukan hal ini, kamu mungkin akan menemukan beberapa cairan atau gumpalan berlendir, dan benda-benda yang mungkin tersimpan di kantong. Buang filter dan cuci dengan air dan sikat gigi.

3. Kuras dan bersihkan kamar mandi

Jika satu-satunya masalah adalah genangan air, kemungkinan besar penyumbatan rambut adalah penyebabnya.

Jika kamu menemukan kamar mandi bau dan tidak kunjung hilang atau mengalami masalah yang sama dengan saluran pembuangan lain, kamu mungkin menghadapi masalah yang lebih besar dan mungkin sebaiknya hubungi tukang ledeng.

Bersihkan saluran sebelum air setinggi pergelangan kaki. Untuk membersihkannya, kamu membutuhkan obeng, senter, gantungan kawat, dan kantong plastik sekali pakai dan sarung tangan karet.

Nyalakan kipas ventilasi kamar mandi untuk menghilangkan bau. Lepaskan penutup saluran. Cabut rambut dan kotoran yang bisa kamu raih dengan jari-jari yang bersarung tangan.

Tekuk gantungan kawat ke tiang dengan pengait di ujungnya, lalu pancinglah sekeliling untuk melihat apakah kamu bisa mendapatkan benda lain.

Sebelum memasang kembali penutup saluran pembuangan, kamu bisa memasang saringan khusus yang menyaring rambut dan kotoran.

6. Talang air

Membersihkan talang mungkin sangat jarang dilakukan. Padahal kotoran daun yang rontok, hewan yang mati, mungkin akan menyumbatnya.

Bersihkan talang setidaknya dua kali setahun.

Kenakan sarung tangan kerja dan atur tangga. Ambil daun, ranting, dan sampah lainnya dengan tangan dan sekop. Jatuhkan ke dalam ember yang ditempelkan di tangga atau di atas kain lap di tanah di bawah.

Periksa penyumbatan downspout, mulai dari ujung terjauh dari pipa bawah, bilas talang menggunakan selang dengan penyemprot. Jika air tidak mengalir deras ke bawah, semprotkan downspout atau keluarkan downspout dan bilas.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/02/10/124700676/lakukan-5-hal-berikut-ini-sebelum-rumah-sulit-dibersihkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke