Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tanaman Dalam Ruangan yang Membutuhkan Cahaya Minim

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman dalam ruangan yang hanya butuh sedikit cahaya dapat memberikan sentuhan menyenangkan pada rumahmu, sehingga sungguh menenangkan membawa unsur alam ke dalam hidupmu.

Jika rumahmu minim cahaya dan kamu menyukai tanaman, kamu tetap bisa menikmatinya. Meski alam membutuhkan cahaya untuk hidup, ada banyak tanaman dalam ruangan yang hanya membutuhkan sedikit cahaya.

Mengetahui tanaman mana yang membutuhkan lebih sedikit sinar matahari memberimu banyak pilihan untuk membuat rumahmu menjadi hijau.

Dilansir dari Decor Tips, Senin, (11/1/2021), berikut ini ada beberapa tanaman dalam ruangan yang bisa kamu letakkan di ruang gelap.

1. Monstera

Ini adalah tanaman yang disukai para Instagrammer. Kamu pasti pernah melihatnya di banyak rumah karena cocok untuk setiap ruang dan gaya.

Berbagai jenis monstera terlihat cantik, dan mereka bisa tumbuh menjadi sangat besar.

Tanaman monstera dapat tumbuh di tempat-tempat dengan sedikit cahaya, meskipun hal ini akan memengaruhi ukuran yang dapat dijangkau.

Selain itu, mereka tidak membutuhkan banyak air karena penyiraman yang berlebihan bisa berakibat buruk.

2. Begonia

Tanaman dalam ruangan yang membutuhkan cahaya minimum lainnya adalah Begonia.

Begonia hadir dalam berbagai bentuk dan warna, yang menjadikannya tanaman favorit untuk menciptakan ruang yang menyenangkan.

Sesuatu yang baik tentang tanaman ini adalah tidak menuntut perawatan terus-menerus.

Tanaman begonia juya memiliki bunga yang indah dan merupakan tanaman tropis, jadi tidak boleh berada di tempat yang dingin.

Penting untuk tetap menyimpannya di lokasi yang hangat dan untuk menjadi lembab sepanjang waktu. 

3. Violet Afrika

Ini adalah salah satu tanaman indoor favorit karena bunganya yang kecil. Violet Afrika sempurna untuk orang yang berpikir mereka tidak pandai merawat tanaman karena membutuhkan sedikit cahaya dan sedikit air agar tetap cantik.

Mereka tidak membutuhkan perawatan khusus, tetapi menunjukkan sedikit kasih sayang dapat membuat mereka berkembang sepanjang tahun.

Tanaman ini akan mengisi rumahmu dengan warna biru, ungu, putih, dan merah muda.

4. Anthurium

Anthurium adalah tanaman yang memiliki daun berbentuk hati indah dan bract (bagian yang ada di atas daun tetapi di bawah bunga) berwarna merah yang bisa disalahartikan sebagai bunga.

Anthurium adalah jenis tanaman lain yang membutuhkan cahaya minimum agar tetap cantik dan mudah dirawat. Mereka membutuhkan jumlah air yang baik, tetapi tanpa penyiraman yang berlebihan.

Tanah harus lembab sepanjang waktu, tetapi kamu harus berhati-hati dengan genangan air.


 

5. Zamioculca

Ini adalah tanaman yang tidak biasa karena distribusi daunnya. Zamioculca atau biasa disebut tanaman dollar membutuhkan sedikit cahaya, dan jadwal penyiraman sangat cocok untuk orang yang tidak tahu banyak tentang berkebun.

Mereka juga dikenal untuk membersihkan partikel beracun dari pembersih kimiawi di udara. Disarankan untuk meletakkannya pada posisi berdasarkan Feng Shui karena diyakini membawa keberuntungan.

Itulah beberapa tanaman dalam ruangan yang bisa bertahan di ruangan dengan cahaya minim. Umumnya, kebanyakan dari tanaman yang disebut di atas tidak membutuhkan banyak air, yang sangat cocok jika kamu baru mengenal dunia berkebun.

Tambahkan sesuatu yang hijau ke berbagai ruang rumahmu dan kamu akan melihat bagaimana tampilan dan nuansanya berubah. Tanaman meningkatkan estetika, membersihkan udara, dan membuatmu bahagia.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/11/151500976/5-tanaman-dalam-ruangan-yang-membutuhkan-cahaya-minim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke