Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tanaman Hias Indoor Ini Mampu Mempercantik Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias memberikan beragam manfaat bagi interior rumah. Apakah untuk membersihkan udara, memberi nuansa alami, hingga mempercantik dekorasi rumah.

Mulai dari tanaman mungil hingga yang daunnya menjulang tinggi, selalu ada tanaman hias indoor yang cocok ditempatkan di setiap ruangan di rumah Anda.

Yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana membuat tanaman hias indoor tersebut tetap hidup dan tumbuh subur.

Dikutip dari Martha Stewart, Senin (28/12/2020), berikut beberapa tanaman hias indoor yang mampu mempercantik rumah Anda.

1. Zz plant

Zamioculcas zamiifolia atau Zz plant adalah tanaman hias yang membutuhkan cahaya matahari minim. Tanaman ini mampu memberikan nuansa tropis ke dalam rumah.

Zz plant tumbuh lambat, tetapi daun menjadi lebih besar dari waktu ke waktu, jadi berikan banyak ruang. Tanaman ini sebenarnya adalah sukulen, jadi lebih sedikit lebih baik dalam hal air.

2. Tanaman karet

Tanaman karet atau rubber plant alias Ficus elastica memiliki ciri khas daun hijau tua yang mengkilap dan kasar. Dalam pertumbuhannya, ketinggian tanaman ini bisa mencapai langit-langit, beri ruang untuk tumbuh tinggi.

Tanaman ini senang cahaya terang dan menyukai penyiraman teratur.


 

3. Ketapang biola

Ketapang biola atau Fiddleleaf fig alias Ficus lyrata adalah tanaman dengan daun mengkilap besar tumbuh hingga 15 inci kali lebar 10 inci. Kehadiran tanaman ini bisa menambah efek dramatis dalam dekorasi rumah.

Fiddleleaf fig menyukai cahaya terang, tidak langsung, dan penyiraman teratur.

4. Spider plant

Spider plant atau Chlorophytum comosum adalah tanaman yang menyerupai rumpun rumput lebar. Tanaman ini secara teratur akan mengeluarkan tanaman "bayi" dari batangnya yang panjang.

Untuk memastikan pertumbuhan yang unik ini, tanam spider plant di pot gantung. Mereka dapat hidup dengan cahaya rendah dan penyiraman teratur.


5. Bromeliad

Bromeliad atau Bromeliaceae adalah kerabat nanas. Tanaman yang memberi keindahan tropis ini membentuk kelompok atau bunga dari daun panjang dan runcing, dalam berbagai warna dan corak.

6. Sirih gading

Sirih gading atau pothos atau Epipremnum aureum adalah tanaman merambat dengan cabang-cabang yang dilapisi daun berbentuk hati. Tanaman ini dapat menjalar atau menggantung dari atas pot.

Sirih gading tidak rewel tentang cahaya dan suka mengering di antara penyiraman.


7. Philodendron selloum

Daun dari tanaman merambat tropis ini tumbuh dari batang tunggal. Tanaman ini ideal jika Anda menginginkan nuansa tropis di dalam ruangan.

Philodendron menyukai cahaya terang dan kondisi lembab namun tidak basah.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/28/110100576/7-tanaman-hias-indoor-ini-mampu-mempercantik-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke