Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Benda Ini Ternyata Bisa Dicuci dengan Mesin Cuci, Apa Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin cuci menjadi salah satu dari sekian perabotan elektronik rumah tangga yang kehadirannya berfungsi untuk memudahkan manusia dalam urusan mencuci.

Diproduksi oleh banyak merek, mesin cuci terbagi dalam 3 jenis, yakni mesin cuci 1 tabung bukaan atas, 1 tabung bukaan depan, dan mesin cuci 2 tabung bukaan atas.

Terkait mesin cuci, kamu mungkin berpikir kalau mesin cuci itu hanya diperuntukkan untuk mencuci pakaian dan beberapa kain lainnya, seperti handuk, lap, dan sejenisnya.

Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa benda yang tanpa disadari juga bisa kamu bersihkan di mesin cuci. Tidak percaya?

Untuk menjawab ketidakpercayaanmu, berikut ini adalah beberapa benda yang bisa kamu bersihkan di mesin cuci, dilansir dari berbagai sumber, Kamis, (24/12/2020).

1.Bantal

Tahukah kamu kalau bantal harus dibersihkan setiap 3-6 bulan untuk menghilangkan jamur, bakteri, dan bau?

Baik bantalmu terbuat dari serat alami seperti bulu angsa atau bahan sintetis seperti poliester, sebagian besar bantal dapat dicuci dengan mesin cuci.

Saran profesional: sebaiknya gunakan mesin cuci bukaan depan, karena bantal cenderung mengapung dan tetap kering di beberapa bagian mesin cuci bukaan atas.

2. Selimut

Untuk hasil terbaik, cucilah selimut di mesin cuci bukaan depan karena banyak bahan selimut yang sulit tenggelam ke dasar air dan cenderung mengapung.

Itu artinya selimut tidak akan sepenuhnya tenggelam di mesin cuci bukaan depan. Untuk hasil terbaik, gunakan siklus air dingin yang halus, lalu keringkan.


3. Tempat tidur hewan peliharaan

Bagaimanapun, anjing peliharaanmu juga membutuhkan tempat yang bersih untuk tidur di malam hari. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah pastikan bantalan alas tempat tidur dapat dicuci dengan mesin cuci.

Kemudian, cuci lapisan kain dan bantalan di mesin cuci. Yang terbaik adalah mencuci kedua bagian ini secara terpisah dari cucian pakaianmu.

4. Tas tote dan ransel

Baik itu dipakai saat mendaki gunung atau bepergian ke luar rumah untuk bekerja, tas ransel perlu dibersihkan. Teknik pembersihan ini bekerja paling baik untuk tas berbahan kanvas.

Namun, pastikan untuk memeriksa label tag pada tas ransel kalau mereka "bisa dicuci dengan mesin cuci". Ingatlah untuk mengosongkan kantong, membaliknya, dan melepas gantungan kunci, pin, dan hiasan lainnya.

Cuci tas tote dan ransel dengan air hangat dengan siklus lembut, dan biarkan berbaring sampai kering.

5. Peralatan olahraga

Pelindung tulang kering seperti deker, bantalan siku, bantalan lutut maupun alat pelindung berlapis kain seperti ini perlu dicuci secara menyeluruh setelah digunakan sehabis pertandingan.

Sebelum meletakkan barang-barang ini ke mesin cuci, tutup tali pengikat dan ritsleting untuk menghindari tersangkut, dan gunakan siklus hangat untuk mencegah kerusakan.

6. Matras olahraga

Tidak apa-apa untuk memasukkan bahan karet seperti matras olahraga yang digunakan untuk senam ataupun yoga.

Untuk mencucinya, pilih siklus dengan putaran untuk membersihkannya secara mendalam dan menghilangkan kelebihan air. Kemudian keringkan menggunakan udara di dalam ruangan atau di luar sinar matahari.

7. Tirai kamar mandi

Kapan terakhir kali kamu membersihkan tirai kamar mandi? Cuci tirai berbahan vinil, nilon, katun, rami, dan bahkan plastik dengan air hangat.

Untuk membunuh jamur, rendam selama beberapa jam terlebih dahulu dengan pemutih. Saat dimasukkan ke mesin cuci bersihkan pada siklus halus atau lembut.


8. Sepatu kets

Lepaskan tali sepatu, lalu masukkan ke mesin cuci dan cuci dengan siklus air dingin dengan banyak handuk (untuk melindunginya agar tidak terbentur drum).

Cara terbaik untuk mencerahkannya adalah dengan menggosok cepat dengan sikat gigi yang dibenamkan dalam cuka putih suling dan air serta udara kering.

9. Boneka

Boneka mendapatkan banyak cinta dari anak-anakmu, tetapi boneka mainan terlihat kurang menyenangkan saat tertutup bakteri dan kotoran.

Taruh boneka di sarung bantal atau tas cucian jaring. Dan letakkan ke dalam mesin cuci.

10. Tikar mobil

Penyedotan debu yang baik akan membuat keset mobilmu terlihat bagus, tetapi untuk mengembalikannya ke kondisi seperti baru, coba masukkan ke dalam mesin cuci.

Cuci dengan air dingin dengan lembut dan kemudian letakkan di bawah sinar matahari sampai kering.

Pastikan untuk tidak melakukannya terlalu sering, karena bagian belakang karet dapat memburuk seiring waktu apabila sering dicuci menggunakan mesin cuci.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/24/131600276/10-benda-ini-ternyata-bisa-dicuci-dengan-mesin-cuci-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke