Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Trik Menghias Pohon Natal

JAKARTA, KOMPAS.com - Ciri khas perayaan hari Natal adalah mendekorasi pohon Natal dengan berbagai aksesori, mulai dari lampu hias, bola-bola, hingga bentuk aksesori lainnya yang beragam.

Percaya atau tidak, menghias pohon natal memiliki berbagai teknik yang bisa diaplikasikan agar menghasilkan dekorasi yang cantik dengan waktu yang singkat.

Dilansir dari Country Living, Senin (21/12/2020), ada beberapa teknik mendekorasi atau menghias pohon natal sebagai berikut. 

Dekorasi Pohon Natal Secara Horizontal

Menggantung lampu Natal secara horizontal adalah teknik yang paling banyak digunakan saat mendekorasi pohon.

Pertama, sebelum Anda mendekorasi, colokkan setiap set lampu untuk memastikan semua bohlam berfungsi.

Hias mulai dari atas atau bawah pohon, Anda dapat menempatkan beberapa lampu lebih ke dalam pohon daripada yang lainnya sehingga pohon terlihat penuh.

Dekorasi Pohon Natal Secara Vertikal

Menurut desainer interior Francesco Bilotto, menghias pohon natal dengan cara vertikal adalah tren yang berkembang beberapa tahun lalu.

Dengan metode ini, pohon dapat bersinar terang karena cahayanya tidak tertutup dengan cabang lain. Selain itu, dengan cara ini jauh lebih mudah ketika hiasan ingin dibongkar.

Langkah untuk menghias pohon natal secara vertikal pertama colokkan lampu untuk memastikan semua bohlam berfungsi.

Mulailah menghias dari bagian atas atau bawah pohon dan biarkan lampu diletakkan secara vertikal seperti jahitan. Setiap kali Anda mencapai bagian atas atau bawah, putar kembali lampu ke arah lain sampai mendapatkan pola S menyamping di sekeliling pohon.

Gantung ornamen mengkilap di tengah untuk membantu memantulkan cahaya agar lebih dalam.

Menggantung Lampu dari Atas ke Bawah

Cara ini akan lebih mudah untuk menyebarkan cahaya di pohon natal, selain itu lebih mudah untuk menambahkan lebih banyak lampu ke bagian bawah dibandingkan ke bagian atas pohon.

Untuk menghiasnya, colokkan lampu untuk memastikan semua bohlam berfungsi, hiaslah mulai dari atas pohon, jalin lampu di atas dan di bawah cabang.

Setelah itu, turunkan lampu ke bawah dan di sekitar pohon serta hias di bawah cabang. Saat Anda mencapai bagian bawah, sembunyikan lampu ekstra di belakang pohon.

Menggantung Lampu dari Bawah ke Atas

Untuk teknik ini, pertama colokkan lampu untuk memastikan semua bohlam berfungsi, kemudian hiaslah mulai dari bawah, rangkai lampu dengan bentuk zigzag.


Tempatkan beberapa lampu lebih dalam ke dalam cabang dan tempatkan beberapa lebih dekat ke depan. Sembunyikan konektor lampu dengan mendorongnya jauh ke dalam cabang pohon di dekat batang.

Setelah Anda mencapai puncak, Anda dapat menyelipkan lampu ekstra ke bagian belakang pohon atau memasang kabel ekstensi di belakang ke stopkontak.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/21/153900576/simak-trik-menghias-pohon-natal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke