Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Anggrek Tidak Berbunga? Ternyata Ini 7 Penyebabnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Namanya tanaman bunga, pastilah Anda ingin melihat bunganya yang cantik, bukan? Ini termasuk pada tanaman anggrek.

Tanaman ini dikenal karena bunganya yang hadir dalam bentuk, warna, dan motif yang cantik dan mengagumkan. Namun, bagaimana jika tanaman anggrek di rumah tidak memunculkan kecantikannya?

Tentulah muncul pertanyaan, kenapa anggrek tidak berbunga? Ternyata, faktor perawatan menjadi penyebabnya.

Dilansir dari The Spruce, Senin (14/12/2020), berikut beberapa penyebab anggrek tidak berbunga.

1. Kurang cahaya

Kurangnya paparan cahaya matahari adalah alasan penting anggrek tidak berbunga. Varietas anggrek populer seperti cattleya, dendrobium, dan cymbidium senang dengan kondisi cahaya yang terang namun tidak langsung.

Jika anggrek tidak pernah ditempatkan di luar rumah atau kantor, maka Anda harus mempertimbangkan banyak cahaya untuk anggrek Anda agar dapat berbunga.

2. Terlalu banyak cahaya

Jika Anda menempatkan anggrek di bawah sinar matahari penuh, Anda mungkin melihat gejala parah seperti daun yang terbakar, tetapi cahaya buatan yang berlebihan pun dapat menekan pertumbuhan bunga.

Jika Anda menggunakan lampu buatan saat menempatkan anggrek di dalam ruangan, gunakan pengatur waktu untuk mensimulasikan siklus siang dan malam alami.

3. Suhu bervariasi

Anda mungkin menyadari anggrek lebih menyukai suhu hangat, karena merupakan tanaman tropis. Anggrek juga perlu mengalami perbedaan suhu untuk memicu bunganya mekar.

Jika memungkinkan, tempatkan anggrek Anda pada suhu malam hari 10 derajat lebih dingin dari suhu siang hari selama dua minggu pada awal musim mekar anggrek.

4. Membutuhkan pemupukan yang tepat

Anggrek memang tidak butuh banyak nutrisi atau pupuk. Namun, anggrek yang hidup dalam campuran media pot anorganik yang steril mungkin membutuhkan tambahan nutrisi untuk bisa tumbuh dengan baik.

Jenis pupuk terbaik untuk anggrek adalah pupuk bebas urea, yang menyediakan nitrogen meskipun tidak ada aktivitas mikroorganisme yang umum ditemukan di tanah yang subur.

5. Perhatikan akarnya

Saat media anggrek Anda mulai rusak, akarnya bisa mati lemas karena kekurangan oksigen. Namun, beberapa jenis anggrek tidak suka bila akarnya terganggu, dan akan menolak mekar selama enam bulan hingga satu tahun setelah diganti potnya.

Akan tetapi, jenis anggrek lain lebih suka diikat dengan akar dan akan mekar hanya ketika akarnya hampir dicekik oleh pot mereka.

Untuk menentukan apakah anggrek Anda perlu diganti potnya, evaluasi sistem akarnya, bukan dedaunannya. Bahkan, media anggrek tebal yang bagus rusak seiring waktu, yang dapat menghalangi sirkulasi udara yang memberi kehidupan ke akar tanaman.

Jika akarnya tampak kecoklatan atau bahan tanamnya menyerupai tanah kebun dalam kerapatannya, saatnya ganti pot.

Apabila lebih dari satu atau dua akar merambat di tepi pot, mungkin sudah waktunya pula untuk mengganti pot, atau bahkan membagi tanaman anggrek untuk mempertahankan kekuatan mekarnya.


6. Terlalu sering disiram

Jika Anda terlalu sering menyiram anggrek Anda, maka anggrek tidak berbunga dan bisa mati lebih cepat. Selain itu, anggrek yang akan mekar pun jika menerima terlalu banyak air bisa gagal berbunga.

Kebanyakan anggrek perlu mengering di antara penyiraman, dan Anda tidak boleh membiarkan anggrek Anda memiliki akar yang basah.

Sesuaikan jadwal penyiraman ll dengan media pot, ukuran pot, dan lingkungan tanaman. Jika akarnya berubah kecokelatan, berarti Anda terlalu banyak menyiram.

Daun yang keriput pun bisa jadi pertanda air terlalu sedikit atau terlalu banyak.

7. Jarang disiram

Ingat, anggrek berasal dari hutan yang lembab dan sering turun hujan. Jika anggrek dalam kondisi terlalu kering, daun akan menarik air dari kuncup yang sedang tumbuh sebagai upaya bertahan hidup.

Pasti menyedihkan melihat kuncup anggrek yang telah lama ditunggu-tunggu malah menjadi menguning, mengerut, dan jatuh satu per satu saat tanaman menarik kelembaban kembali ke akar dan daunnya. .

Jika jadwal yang padat membuat Anda sering lupa untuk menyiram, gunakan nampan untuk menciptakan lingkungan pertumbuhan anggrek yang lebih baik.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/14/084600076/kenapa-anggrek-tidak-berbunga-ternyata-ini-7-penyebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke