Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 "Superfood" untuk Kucing, Apa Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih makanan kucing harus diperhatikan jumlah nutrisi, protein, dan kebutuhan kucing tersebut.

Salah-salah memberikan makanan, akan menyebabkan masalah pada fisik atau organ dalam lainnya.

Dilansir dari Pet Central, Selasa (1/12/2020), ada 6 superfood yang bisa diberikan ke kucing peliharaan Anda.

1. Dandelion

Ternyata tak hanya cantik, bunga dandelion termasuk dalam kategori superfood untuk kucing, loh. Namun, yang harus dipilih adalah dandelion yang bebas pestisida.

Akar dandelion dapat membantu dalam detoksifikasi hati.

Untuk mendapatkan makanan yang bernutrisi bagus dari dandelion ini, Anda harus membilas bunga ini lalu cincang hingga halus, dan taburkan sedikit di atas makanan kucing (seperdelapan sendok teh). Atau keringkan di oven untuk disimpan dalam waktu yang lama dan diletakkan di dalam wadah kedap udara.

Kucing memakan tanaman sesekali, dengan cara ini kucing bisa mendapatkan sedikit makanan yang mengandung serat.

2. Cranberry

Nutrisi dalam buah beri ini dikenal dapat mencegah infeksi saluran kemih dan meningkatkan kesehatan kemih dan ginjal secara keseluruhan.

Meskipun penelitian yang didukung sains belum menentukan apakah beri ini bisa diberikan ke kucing serta memiliki manfaat, cranberry mengandung antioksidan dan zat anti kanker.

Tanyakan kepada dokter hewan Anda untuk memastikan kucing Anda bisa diberikan cranberry ini.


3. Yogurt

Alternatif untuk pengganti sepiring susu sapi adalah yogurt susu murni (bukan vanila atau manis). Yogurt kaya akan protein dan kalsium, dan merupakan sumber probiotik yang hebat.

Disarankan untuk memberikannya dengan jumlah sedikit yakni satu sendok makan. Namun jika kucing tidak dapat mencernanya atau menerimanya dengan baik, berikan yogurt tanpa pemanis.

3. Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak seperti ayam yang dimasak, atau daging sapi adalah sumber zat besi dan vitamin B yang sangat baik, serta baik untuk metabolisme energi kucing Anda.

Anda dapat menyiapkan daging tanpa lemak dengan berbagai cara, secara mentah atau matang. Namun jangan terlalu banyak memberikan ini, sebab akan membuat kucing Anda berisiko terkena pankreatitis.

4. Ikan

Ikan merupakan sumber protein tanpa lemak dan asam lemak omega 3. Pilihlah ikan berminyak, seperti salmon, sarden, dan ikan teri untuk mendapatkan manfaat omega 3 tanpa merkuri.

Potong ikan ini kecil-kecil secara mentah dan kemudian berikan di piringnya.

5. Telur

Telur adalah sumber protein super dan sangat mudah dicerna yang mengandung asam amino esensial yang bertanggung jawab untuk menjaga kucing tetap ramping dan berotot.

Pastikan untuk tetap menggunakan telur yang sudah dimasak, karena ada beberapa masalah saat memberi kucing telur mentah.


Yang pertama adalah kemungkinan keracunan makanan. Masalah kedua adalah protein dalam putih telur mentah, yang disebut avidin, mengganggu penyerapan vitamin B biotin, yang dibutuhkan kucing Anda untuk kulit yang sehat dan bulu yang berkilau.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/01/073500076/6-superfood-untuk-kucing-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke