Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Cepat Membersihkan Rumah, Cuma 1 Jam

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan rumah seringkali merupakan pekerjaan yang melelahkan. Selain itu, kegiatan ini juga kerap memakan waktu, padahal harus dilakukan secara rutin.

Akan tetapi, jangan khawatir. Menurut Andre Lewis, manajer perusahaan cleaning service berwawasan lingkungan Alpha Living, membersihkan rumah bisa dilakukan dengan cepat dan efisien.

Kuncinya adalah menyusun rencana, bergerak dengan cepat, dan jangan bolak-balik dari satu ruangan ke ruangan lain. Dengan begitu, membersihkan rumah bisa dilakukan dalam waktu sekitar 45 menit saja, maksimal 1 jam.

Dikutip dari Womans Day, Minggu (1/11/2020), menurut Lewis, yang perlu kamu lakukan adalah mulai dari kamar tidur, kemudian kamar mandi, dapur, dan ruang keluarga. Tak sampai satu jam membersihkan, rumah akan bersih dan rapi.

Nah, bagaimana caranya? Simak uraian berikut ini.

1. Kamar tidur (estimasi 10 menit untuk setiap kamar)

Pertama, rapikan tempat tidur, ganti seprai jika menurutmu sudah kotor. Buang sampah yang tercecer di meja, di bawah ranjang, atau di sela lemari.

Kosongkan tempat sampah. Bayangkan kamarmu adalah hotel, yang pastinya kamu harapkan selalu bersih dan rapi.

Jangan lupa rapikan tempat tidur. Kamu bisa melakukan apa yang biasa dilakukan petugas hotel, yakni jangan menyelipkan seprai di bawah ujung kasur, tapi angkat setiap sudut kasur dengan satu tangan dan selipkan tangan lainnya di bawah kasur untuk merapikan seprai.

Cara ini jauh lebih cepat dilakukan.


Kemudian, bersihkan debu dengan menggunakan lap mikrofiber. Mulailah dari furnitur di satu sisi sudut dan lanjutkan searah jarum jam.

Jika ada debu di meja atau kap lampu, sapukan lap pada setiap bagian hanya sekali, jangan bolak-balik. Selanjutnya, bersihkan debu yang ada di lantai dengan vacuum cleaner atau sapu.

2. Kamar mandi (estimasi 9 menit)

Semprotkan wastafel, shower, atau permukaan kloset dengan cairan pembersih serbaguna, diamkan sejenak. Kemudian, taburkan soda kue (baking soda) ke kloset atau wastafel.

Gosok dengan cermat dengan sikat khusus untuk kamar mandi, setelah itu flush kloset. Selanjutnya, semprotkan cairan pembersih ke lap mikrofiber dan sapukan ke permukaan kloset.

Berikutnya, semprotkan pembersih kaca ke cermin, gosok dengan lap dimulai dari sudut atas, dengan gerakan memutar agar setiap noda dapat hilang.

Kembalilah ke wastafel atau bak, gunakan sikat gigi bekas untuk menggosok bagian-bagian yang sulit dijangkau. Kemudian, bersihkan permukaan luarnya dengan lap atau sikat.

Saatnya membersihkan lantai. Gunakan sikat dan cairan pembersih lantai kamar mandi, gosok dimulai dari sudut dalam dan berakhir di dekat pintu.


 

3. Dapur (estimasi 12 menit)

Rapikan alat-alat masak yang tercecer, kembalikan ke tempatnya. Pastikan meja atau counter di dapur bersih dan tidak ada alat masak atau bahan makanan yang tidak pada tempatnya untuk memudahkan pembersihan.

Cek apakah ada noda membandel di sekitar kompor. Bersihkan dengan cairan pembersih noda membandel dengan spons.

Kemudian, bersihkan meja atau counter dapur dengan lap dan cairan pembersih serbaguna. Jangan lupa juga bersihkan permukaan lemari es, dispenser, microwave, hingga tempat cuci piring.

Kemudian, bersihkan lantai dimulai dari sudut terjauh ke arah luar. Pel dengan cepat namun pastikan semua permukaan sudah dijangkau.

Perhatikan setiap sudut ruang keluarga, apakah ada barang yang diletakkan tidak pada tempatnya. Kembalikan remote televisi dan perangkat lainnya ke wadahnya.

Bersihkan dan rapikan meja. Mulai dari satu sudut, sapu lantai dengan cara yang sama seperti ketika menyapu lantai kamar tidur.

Untuk membersihkan permukaan kaca, gunakan lap mikrofiber dan cairan pembersih kaca. Bersihkan dengan gerakan memutar.

Jika ingin membersihkan debu dengan vacuum cleaner, mulailah dari sudut terdalam mengarah ke luar.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/11/01/140200876/cara-cepat-membersihkan-rumah-cuma-1-jam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke