Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan WNI di Qatar Lakukan Shalat Id di Doha

Kompas.com - 10/04/2024, 18:02 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

DOHA, KOMPAS.com - KBRI Doha menggelar shalat Idul Fitri 1445 H di Tariq bin Ziyad Secondary School, Doha, pada 10 April 2024.

Shalat Id dimulai pada pukul 05.45 waktu setempat diikuti oleh ribuan jemaah yang mayoritas adalah para Pekerja Migran Indonesia di Qatar.

Bertindak sebagai imam dan khatib masing-masing adalah ustaz Ibrahim Syazaly dan Ustaz Amir Hasan Rambe.

Baca juga: Pidato Idul Fitri Raja Salman: Perang di Gaza Harus Diakhiri

Duta Besar RI untuk Negara Qatar Ridwan Hassan dalam sambutannya menyampaikan, agar WNI di Qatar terus menjaga ketenangan dan kebersamaan.

"Pengalaman tinggal di Qatar dengan aneka budaya dan latar belakang kebangsaan harusnya dapat membuat kita menjadi semakin utuh sebagai manusia," ujar Dubes Ridwan Hassan, dikutip dari siaran pers KBRI Doha.

Sementara itu, Ustaz Amir Hasan Rambe dalam khotbahnya menyampaikan bahwa perjuangan melawan hawa nafsu tidak boleh berhenti hanya karena berakhirnya bulan suci Ramadhan.

"Perang kita melawan setan dan hawa nafsu hanya akan berakhir saat kita wafat," tutur Ustaz Amir Hasan Rambe.

Baca juga: Pilu Warga Gaza Sambut Idul Fitri 2024 dengan Kekurangan Makanan dan Rumah Jadi Puing-puing...

Shalat Idul Fitri yang diselenggarakan di sekolah milik pemerintah Qatar ini sekali lagi membuktikan hubungan yang sangat baik antara Pemerintah Qatar dan Pemerintah Indonesia.

Lebih dari itu, dibukanya sekolah untuk kegiatan Id dan silaturahmi masyarakat Indonesia ini juga adalah konfirmasi akan reputasi dan kontribusi tinggi diaspora Indonesia di Qatar.

"Tidak semua komunitas asing mendapatkan izin untuk menyelenggarakan shalat Id dan silaturahmi masyarakat secara tersendiri. Tapi kita mendapatkannya," kata Ali Murtado, koordinator fungsi Pensosbud sekaligus Ketua Panitia Id KBRI Doha.

Selain shalat Id, KBRI Doha bersama berbagai elemen masyarakat Indonesia di Qatar juga akan menggelar halalbihalal pada 12 April 2024.

Kegiatan Halalbihalal akan digelar sekaligus untuk memantapkan dukungan masyarakat Indonesia bagi timnas U23 yang akan mengikuti turnamen Piala Asia U23 di Qatar," tutup Ali Murtado.

Baca juga: Arab Saudi Umumkan Idul Fitri 2024 Jatuh pada Rabu 10 April

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com