Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Sultan Malaysia: Jaga Kesehatan di Tengah Cuaca Panas Saat Rayakan Lebaran

Kompas.com - 10/04/2024, 11:59 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Bernama

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Sultan Pahang Al-Sultan Abdullah Ríayatuddin Al-Mustafa Billah Shah menyampaikan pesan Idul Fitri 2024 bagi warga Malaysia khususnya di negara bagian.

Sultan Abdullah mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 2024 kepada seluruh warga nagara Malaysia dengan penuh rasa syukur dan gembira.

Tengku Ampuan dari Pahang Tunku Azizah Aminah Maimunah Iskandaria juga menyampaikan ucapan selamat hari raya.

Baca juga: Di Malaysia, Sisa-sia Makanan Ramadhan Diolah Jadi Pupuk Organik

Selain itu, Sultan Abdullah juga memberikan pesan singkat yakni menghimbau semua pihak untuk memprioritaskan kesehatan dan memastikan anggota keluarga, terutama anak-anak, agar tetap sehat di tengah cuaca panas akibat fenomena El-Nino.

"Fenomena ini dapat berdampak pada kesehatan, dengan risiko dehidrasi dan heatstroke. Oleh karena itu, saya berpesan kepada semua orang untuk menjaga kesehatan selama musim perayaan ini, minum cukup air dan batasi aktivitas di luar ruangan," pesan Al-Sultan Abdullah, dikutip dari Bernama pada Selasa (9/4/2024).

Pada saat yang sama, Sultan Abdullah juga mengucapkan terima kasih kepada anggota Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan serta Angkatan Bersenjata Malaysia, khususnya Brigade 4, yang telah membantu pemadaman api di Penor dan wilayah lainnya.

Sementara Sultan Selangor Sultan Sharafuddin Idris Shah juga menyampaikan ucapan Idul Fitri dan berpesan kepada masyarakat yang mudik agar berhati-hati dalam berkendara dan tetap waspada di jalan raya.

Tengku Permaisuri dari Selangor Tengku Permaisuri Norashikin juga menyampaikan salam meriah.

"Saya mendoakan semoga Idul Fitri tahun ini dirayakan dalam suasana gembira dan harmonis," katanya.

"Saya menyerukan kepada umat Islam dan orang-orang dari semua ras, tanpa memandang ras dan agama di negara ini, untuk terus memperkuat persatuan dan memupuk semangat niat baik satu sama lain,"terang kata Yang Mulia dalam sebuah postingan di halaman Facebook Kantor Kerajaan Selangor.

Baca juga: Biden Kembali Kritik Cara Netanyahu Tangani Perang di Gaza

Sultan Sharafuddin menghimbau kepada setiap lapisan masyarakat untuk selalu mengamalkan sifat-sifat luhur dan menghindari ucapan-ucapan yang bersifat fitnah dan keji, karena setiap tindakan yang dilakukan mencerminkan ketakwaan seseorang terhadap Allah SWT," pesanya.

Pemerintah juga menyampaikan harapannya agar umat Islam terus menjaga tali silaturahmi dan memohon ampunan.

Terutama pada bulan Syawal yang ditandai dengan tradisi open house dan kunjungan yang mempertebal semangat persahabatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com