Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluarga Ini Selamat karena Parasut Perlambat Jatuhnya Pesawat

Kompas.com - 14/03/2024, 17:27 WIB
Albertus Adit

Penulis

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Sepasang suami istri dan anaknya berusia dua tahun selamat dari kecelakaan pesawat kecil di dekat komunitas Whitehorn di Golden State, California, Amerika Serikat pada Jumat (8/3/2024).

Mereka bisa selamat setelah mengerahkan parasut untuk memperlambat jatuhnya pesawat ke daerah berhutan dan pegunungan.

Suami dan istri yang keduanya berusia 38 tahun dan putri kecil mereka bisa selamat hanya dengan luka ringan dan goresan.

Baca juga: Pesawat Israel Serang Bekas Gedung Hezbollah Lebanon, 1 Orang Tewas 6 Terluka

"Cirrus SR22 tahun 2004 dilaporkan lepas landas dari Bandara Shelter Cove dalam perjalanan ke Santa Rosa, tempat tinggal keluarga tersebut, ketika mesin pesawat dengan cepat kehilangan tenaga," kata pihak berwenang dikutip dari New York Post pada Rabu (13/3/2024).

"Pilot mulai memecahkan masalah mengapa pesawat kehilangan tenaga mesin, namun menyadari ketinggian pesawat terlalu rendah untuk pemulihan," kata juru bicara Kantor Sheriff Mendocino County dalam rilis berita.

Pilot memutuskan untuk menggunakan Sistem Parasut Badan Pesawat Cirrus untuk memperlambat jatuhnya pesawat ke bawah.

Parasut raksasa tersebut membawa pesawat hingga akhirnya menabrak pepohonan di kawasan hutan lebat.

"Kelihatannya ini adalah upaya terakhir," kata Kapten Quincy Cromer dari Kantor Sheriff kepada The Press Democrat.

Kepala Pemadam Kebakaran Shelter Cove Nick Pape dengan blak-blakan mengatakan kepada outlet berita bahwa peluang untuk bertahan hidup tanpa parasut sangat kecil.

Dia menambahkan keluarga yang beranggotakan tiga orang itu sudah keluar dari pesawat ketika sejumlah agen tiba di lokasi kejadian setelah jam 1 siang.

Foto yang diambil oleh pemadam kebakaran menunjukkan parasut di atas pesawat dan satu lagi parasut yang tersangkut di pepohonan saat pesawat hancur.

Pejabat Shelter Cove mencatat ini adalah pesawat kecil kedua yang jatuh di wilayah di mana semua penumpangnya selamat dalam sembilan bulan terakhir.

Baca juga: Insiden Pesawat Latam Airlines Masih Diselidiki

"Pesawat itu jatuh ke laut, namun dua korban berhasil mencapai pantai dengan bantuan tim penyelamat," kata petugas pemadam kebakaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com