Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hilang Sebulan, Qin Gang Dicopot dari Jabatan Menlu China

Kompas.com - 25/07/2023, 19:53 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Al Jazeera

BEIJING, KOMPAS.com - Pemerintah China mencopot Qin Gang dari jabatan Menteri Luar Negeri dan menggantinya dengan pendahulunya yaitu Wang Yi.

“Badan legislatif tinggi China menunjuk Wang Yi sebagai Menteri Luar Negeri … saat mengadakan sesi pada Selasa (25/7/2023),” lapor kantor berita Xinhua. "Qin Gang dicopot dari jabatan Menteri Luar Negeri."

Pengumuman itu keluar setelah sebulan Qin Gang hilang, dikutip dari Al Jazeera.

Baca juga: Menteri Luar Negeri China Hilang, Menlu AS Ungkapkan Dugaannya

Qin diangkat menjadi Menlu China pada Desember 2022. Kali terakhir dia terlihat di depan umum adalah pada 25 Juni 2023 ketika berbicara dengan Menteri Luar Negeri Rusia, Vietnam, dan Sri Lanka.

Adapun Qin kali terakhir terlihat di media pemerintah adalah saat bertemu Wamenlu Rusia Andrey Rudenko, yang mengunjungi Beijing kurang dari 48 jam setelah pemberontakan tentara bayaran Wagner yang gagal.

China kemudian membatalkan pembicaraan Qin dengan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell pada 4 Juli 2023 tanpa penjelasan.

Qin lalu melewatkan pertemuan tingkat tinggi dengan Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen dan utusan iklim AS John Kerry.

Baca juga: Hampir Sebulan Menlu China Hilang Misterius

Kementerian Luar Negeri China kemudian mengeklaim, Qin Gang tidak dapat menghadiri KTT ASEAN di Jakarta karena alasan kesehatan.

Ketidakhadirannya yang misterius memicu spekulasi bahwa Qin tak lagi disukai oleh para petinggi Partai Komunis China (PKC).

Penduduk asli Tianjin berusia 57 tahun itu bertugas di pemerintahan China sejak akhir 1980-an, mayoritas berkaitan dengan urusan luar negeri.

Qin dikabarkan termasuk orang kepercayaan dekat Presiden China Xi Jinping dan dipandang sebagai bintang yang sedang naik daun di PKC.

Baca juga: Sejumlah Dugaan Kenapa Miliarder China Sering Hilang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com