Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xi Jinping Tiba di Moskwa Disambut Putin, Ini Agenda Kunjungannya

Kompas.com - 20/03/2023, 21:31 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com – Presiden China Xi Jinping tiba di Moskwa, Rusia, pada Senin (20/3/2023) dan disambut oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

Televisi pemerintah Rusia menunjukkan Xi tiba di Bandara Vnukovo Moskwa pada Senin sore.

Pada hari pertama kunjungannya, Xi akan melakukan pembicaraan informal dengan Putin. Pada Selasa (21/3/2023), Xi dan Putin akan melakukan pembicaraan formal.

Baca juga: Sejarah Hubungan Rusia dan China pada Masa Xi Jinping dan Putin

Xi menjadi pemimpin pertama di dunia yang bertemu Putin sejak Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Putin.

Momen tersebut juga merupakan kunjungan Xi ke Rusia usai dia dilantik sebagai Presiden China untuk periode ketiga, sebagaimana dilansir Reuters.

Reuters melaporkan, kunjungan Xi ke Rusia tersebut merupakan upaya untuk memperdalam hubungan ekonomi dengan Rusia sekaligus mempromosikan peran Beijing sebagai pembawa perdamaian potensial di Ukraina.

Kehadiran Xi di Rusia dianggap oleh beberapa pihak sebagai bukti bahwa Moskwa masih memiliki teman yang kuat ketika bersitegang dengan Barat.

“Kita bisa merasakan lanskap geopolitik di dunia luar mengalami perubahan drastis," kata Putin dalam sebuah artikel di media China People's Daily yang juga diterbitkan di situs web Kremlin.

Baca juga: Xi Jinping Akan Temui Putin di Rusia, Ukraina Cemas

Putin menambahkan bahwa dia memiliki harapan besar untuk kunjungan Xi sebagai teman lama yang baik.

Sejauh ini, China telah merilis usulan perdamaian berisi 12 poin untuk menyelesaikan krisis Ukraina, sekaligus memperkuat hubungan dengan Moskwa.

Menjelang kunjungan ke Moskwa Xi juga menulis artikel yang diterbitkan di Rusia.

“Kedua belah pihak terus memperkuat rasa saling percaya politik, menciptakan paradigma baru hubungan antara kekuatan besar,” tulis Xi dalam artikel tersebut.

Baca juga: Memaknai Misi Xi Jinping Kunjungi Rusia

Agenda Xi di Rusia

Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden China Xi Jinping berpose selama pertemuan mereka di Beijing, pada 4 Februari 2022. AFP PHOTO/ALEXEI DRUZHININ Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden China Xi Jinping berpose selama pertemuan mereka di Beijing, pada 4 Februari 2022.

Penasihat kebijakan luar negeri Putin, Yuri V Ushakov, mengatakan bahwa negosiasi penting antara kedua pemimpin akan digelar pada Selasa.

Pekan lalu, Ushakov mengatakan kepada wartawan bahwa untuk menekankan pentingnya lawatan tersebut, kehadiran Xi disebut sebagai kunjungan kenegaraan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com