Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Ancaman Senjata Nuklir dari Putin, Uni Eropa Harus Tanggapi Serius

Kompas.com - 24/09/2022, 15:31 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber BBC,AFP

LONDON, KOMPAS.com – Uni Eropa tidak boleh mengabaikan ancaman dari Presiden Rusia Vladimir Putin mengenai penggunaan senjata nuklir dalam konflik di Ukraina.

Hal tersebut disampaikan Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Josep Borrell kepada jurnalis BBC Lyse Doucet.

Borrell menyampaikan, ancaman dari Putin mengenai penggunaan senjata nuklir tidak menggertak dan harus ditanggapi dengan serius, sebagaimana dilansir BBC, Sabtu (24/9/2022).

Baca juga: 4 Hal yang Akan Terjadi jika Putin dan Rusia Pakai Senjata Nuklir di Ukraina

Putin melontarkan ancaman mengenai senjata nuklir bertepatan dengan penumuman mobilisasi parsial di Rusia dan menjelang referendum di empat wilayah Ukraina.

“Tentu saja ini adalah saat yang berbahaya karena tentara Rusia telah terpojok, dan reaksi Putin mengancam menggunakan senjata nuklir sangat buruk,” kata Borrell.

Kendati demikian, Borrell menyampaikan, solusi diplomatik harus dicapai guna melestarikan kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina.

Baca juga: Indonesia Berharap Putin Tak Gunakan Nuklir di Ukraina

“Jika tidak, kita dapat menyelesaikan perang, tetapi kita tidak akan memiliki perdamaian, dan kita akan mengalami perang lagi,” ucap Borrell.

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan kepada media Jerman pada Rabu (21/9/2022) bahwa dia tidak percaya Rusia akan menggunakan senjata nuklir.

Dilansir dari AFP, hal itu disampaikan Zelensky setelah Putin mengatakan bahwa Moskwa akan menggunakan segala cara untuk melindungi wilayahnya.

Baca juga: Menlu AS: Dunia Harus Hentikan Ancaman Nuklir Rusia yang Sembrono

“Saya tidak percaya bahwa dia akan menggunakan senjata ini,” kata Zelensky kepada stasiun TV dari surat kabar Jerman, Bild, mengacu pada senjata nuklir.

"Saya tidak percaya bahwa dunia akan mengizinkannya menggunakan senjata ini," tambahnya.

Pemimpin Ukraina memperingatkan agar tidak menyerah pada ancaman Putin.

Baca juga: Zelensky Tidak Percaya Putin Akan Pakai Senjata Nuklir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com