Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Terkini: Hujan Roket Hantam Kota Nova Kakhovka yang Diduduki Rusia

Kompas.com - 30/08/2022, 09:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP,Reuters

NOVA KAKHOVKA, KOMPAS.com - Kabar Ukraina terkini, hujan roket menghantam kota Nova Kakhovka yang diduduki Rusia pada Senin (29/8/2022).

Roket-roket yang ditembakkan pasukan Ukraina itu membuat pasokan air dan listrik ke kota Nova Kakhovka terputus, kata pejabat di otoritas lokal yang ditunjuk Rusia kepada kantor berita RIA.

Saat berita ini diunggah, belum ada laporan korban jiwa atau kerusakan lainnya dari Reuters.

Baca juga: Sekutu Putin: Rusia Tak Akan Hentikan Perang meski Ukraina Batal Gabung NATO

Nova Kakhovka terletak tepat di timur Kota Kherson, target serangan balasan besar yang diluncurkan Ukraina pada hari sebelumnya.

Sementara itu di Kherson, Alexei Kovalev wakil kepala militer dan administrasi sipil di kota itu tewas ditembak pada Minggu (28/8/2022).

Kovalev sebelumnya mengabdi kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, tetapi mengalihkan kesetiannya ke pasukan pendudukan Rusia di Kherson.

Kematiannya diumumkan oleh komite investigasi Federasi Rusia di Telegram pada Senin (29/8/2022), dikutip dari kantor berita AFP.

Penembakan Kovalev terjadi di rumahnya. Seorang perempuan muda yang tinggal bersamanya juga menjadi korban.

Reuters melaporkan, komite investigasi Federasi Rusia akan menyelidiki penembakan ini sebagai tindak kejahatan dan memburu pelakunya.

Baca juga:

Pasukan Ukraina sedang memulai serangan balik untuk merebut kembali kota Kherson yang diduduki Rusia sejak awal perang.

"Hari ini terjadi serangan artileri yang kuat terhadap posisi musuh di... seluruh wilayah wilayah Kherson yang diduduki," kata Wakil Dewan Regional Kherson, Sergey Khlan, kepada stasiun tv Ukraina Pryamyi.

"Ini adalah pengumuman dari apa yang telah kami tunggu sejak musim semi--ini adalah awal dari mengakhiri pendudukan wilayah Kherson," imbuhnya.

Pasukan Rusia merebut Kherson pada 3 Maret. Kherson adalah kota besar pertama yang jatuh setelah invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari.

Baca juga: Ukraina Yakin Rebut Kembali Kherson dari Tangan Rusia pada September 2022

Berita video "Mengungkap Alasan Kota Kherson Begitu Penting bagi Rusia" dapat disimak di bawah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com