Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontes Putri Jawa Suriname Ucapkan Terima Kasih atas Perhatian Indonesia

Kompas.com - 22/08/2022, 18:31 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

PARAMARIBO, KOMPAS.com - Kontes Putri Jawa Suriname 2022 yang sedang berlangsung mengucapkan terima kasih kepada Indonesia atas perhatian yang diberikan.

Sylvani Kasanpawiro selaku CEO Mustika Ratu di Suriname sebagai salah satu sponsor kontes kecantikan tersebut mengucapkan terima kasihnya di Facebook.

"Terima kasih kepada orang-orang dari Indonesia yang memantau lewat Facebook," kata Sylvani dalam video di akun resmi Putri Jawa Suriname 2022, Minggu (21/8/2022).

Baca juga: Putri Jawa Suriname 2022 Digelar, Semua Peserta Keturunan Indonesia

Ucapan terima kasih Sylvani yang juga merupakan kepala koordinator Putri Jawa Suriname 2022 disampaikan dalam wawancara dengan Netty Astokarijo yang melatih para kontestan.

"Putri Jawa itu kontes untuk gadis berusia 17-25 tahun yang akan ikut dalam bermacam-macam perlombaan seperti pameran sarung," terang Netty menjelaskan sedikit gambaran tentang kontes yang kali pertama digelar pada 2002 tersebut.

Ia menambahkan, tujuan kontes Putri Jawa Suriname 2022 adalah untuk melestarikan kebudayaan Jawa, juga bagi para perempuan setempat agar bisa membantu pembangunan masyarakat Suriname.

Netty kemudian berterima kasih kepada VHIJ (Vereniging Herdenking Javaanse Immigratie) selaku penyelenggara kontes, karena telah memberi wadah bagi perempuan Jawa-Suriname untuk melakukan kegiatan positif.

Foto 15 peserta kontes kecantikan Putri Jawa Suriname 2022. Ini adalah pagelaran kedua, babak final diselenggarakan pada September.FACEBOOK Putri Jawa Suriname Foto 15 peserta kontes kecantikan Putri Jawa Suriname 2022. Ini adalah pagelaran kedua, babak final diselenggarakan pada September.
VHIJ adalah organisasi budaya Jawa terbesar di Suriname yang didirikan pada 1985 dan semua anggotanya keturunan imigran dari Jawa.

Baca juga:

"Saran saya untuk para perempuan dan anak gadis, harus melestarikan kebudayaan adat dan tata krama (Jawa) agar jangan sampai luntur dan bisa terus dipakai anak-cucu," pungkasnya.

Putri Jawa Suriname 2022 adalah kontes kecantikan untuk perempuan keturunan Jawa atau Indonesia di Suriname.

Sharon Pawiroredjo salah satu petinggi di VHIJ mengatakan, Putri Jawa Suriname 2022 adalah edisi yang kedua.

"Setelah 20 tahun, organisasi kami merasa perlu untuk mengadakan kontes kecantikan spesial ini lagi. Setelah tantangan baru-baru ini dengan pandemi, akibatnya semua kegiatan (budaya) terhenti dan tidak banyak acara (budaya) untuk kalangan muda," tutur Sharon saat dihubungi Kompas.com, Senin (11/7/2022).

Babak awal Putri Jawa Suriname 2022 atau preliminary round yang disebut taltentenronde dalam bahasa setempat digelar pada 30 Juli 2022, dan finalnya bulan September di Sana Budaya, Paramaribo, ibu kota Suriname.

Baca juga: Kenapa Banyak Orang Jawa di Suriname? Ini Sejarah dan Perbedaan Bahasanya

FACEBOOK Putri Jawa Suriname Poster kontes Putri Jawa Suriname 2022

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com