Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/05/2022, 11:28 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

NEW DELHI, KOMPAS.com - Seorang wanita bernama S Petchiammal (57) di Thoothukudi, India mengeklaim bahwa dirinya telah menyamar sebagai seorang pria selama 36 tahun.

Hal itu rela dia lakukan untuk dapat membesarkan putri tunggalnya dengan aman dalam masyarakat patriarki.

Petchiammal yang berasal dari desa Kattunayakanpatti yang terletak 30 km dari pusat Kota Thoothukudi, mengatakan bahwa dirinya harus menjadi “Muthu” setelah kematian mendadak suaminya.

Baca juga: Punya Gaji Rp 22,9 Juta, Gadis Ini Pilih Batasi Pengeluaran Makan Rp 97.000 Per Bulan, Ini Hasilnya

Saat diwawancara The New Indian Express (TNIE), Petchiammal bercerita jia suaminya yang bernama Siva telah meninggal dunia hanya 15 hari setelah mereka menikah.

“Saya baru berusia 20 tahun saat itu, dan segera saya melahirkan Shanmugasundari. Saya memutuskan untuk tidak menikah lagi,” ungkap dia.

Berjalannya waktu, Petchiammal kemudian merasakan bahwa membesarkan anak sendirian ternyata sulit.

“Saya bekerja di lokasi konstruksi, hotel, dan toko teh. Tapi saya mengalami pelecehan di semua tempat ini,” ungkap dia.

Petchiammal merasakan sendiri, mempunyai pekerjaan yang layak dan bebas dari pelecehan adalah hal yang sulit untuk bisa didapat oleh perempuan sepertinya.

Baca juga: Bapak Ini Selalu Sendirian di Restoran, Pesan 8 Porsi, tapi Mengaku Makan dengan Keluarga

Menghadapi situasi ini, dia kemudian memutuskan pergi ke Kuil Tiruchendur Murugan, mengganti pakaiannya menjadi kemeja dan lungi, dan mengubah namanya menjadi Muthu.

“Kami bermukim kembali di Kattunayakkanpatti lebih dari 20 tahun yang lalu. Hanya kerabat dekat saya di rumah dan putri saya tahu bahwa saya seorang wanita,” kata dia.

Meski Shanmugasundari kini sudah menikah, Petchiammal belum siap mengganti pakaiannya.

“Identitas (sabagai pria) ini memastikan kehidupan yang aman bagi putri saya. Saya akan tetap Muthu sampai saya mati,” katanya.

Di beberapa kartu identitasnya, Petchiammal tercatat sebagai seorang pria.

Namun, setahun lalu, Petchiammal telah memperoleh kartu pekerjaan MGNREGS dengan identitas wanita.

MGNREGS adalah program yang dimiliki Pemerintah India untuk memastikan jaminan sosial dengan menjamin keluarga setidaknya 100 hari kerja per tahun.

Untuk mendapatkan manfaat dari sistem ini, anggota dewasa harus bersedia untuk melakukan pekerjaan padat karya tanpa keahlian.

Baca juga: Sudah Dinyatakan Tewas, Wanita Ini Gedor Peti ketika Mau Dimakamkan lalu Tatap Pelayat, Keluarga Pun Kaget

“Saya tidak punya rumah atau punya tabungan. Saya juga tidak bisa mengajukan sertifikat janda. Karena saya terlalu tua untuk bekerja, saya meminta pemerintah untuk menawarkan saya bantuan uang,” katanya.

Berbicara kepada TNIE, Kolektor Dr K Senthil Raj mengatakan dia akan memeriksa apakah manfaat di bawah skema kesejahteraan sosial dapat diperluas ke Petchiammal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com