Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

POPULER GLOBAL: Reaksi Media Asing soal Pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia | Update Tonga

Kompas.com - 20/01/2022, 05:45 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com - Kabar tentang pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia yang diberitakan media asing menjadi sorotan pembaca kanal Global Kompas.com kemarin.

Selain itu, pembaca juga masih memantau berita terbaru dari Tonga pasca letusan gunung berapi bawah laut yang disusul tsunami akhir minggu lalu.

Kisah Rohana Abdullah dan ibu angkatnya bernama Chee Hoi Lan, ternyata juga mendapat perhatian tersendiri tidak hanya dari dalam negeri, tapi dari Perdana Menteri (PM) Malaysia, Ismail Sabri Yaakob.

Berikut rangkuman berita internasional terpopuler dari kanal Global Kompas.com edisi Rabu (18/1/2022) hingga Kamis (19/1/2022).

Baca juga: POPULER GLOBAL: TV Australia Putar Video YouTuber Indonesia Saat Beritakan Tsunami Tonga | Delegasi Indonesia Dilaporkan Kunjungi Israel

1. Reaksi Media Asing soal Pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia, Singgung Nama Nusantara hingga Ahok

Sejumlah media asing menyoroti langkah pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memindahkan ibu kota negara Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Salah satu kantor berita terbesar di dunia yang didirikan di Inggris, Reuters, pada Rabu (19/1/2022), menerbitkan berita soal pengesahan rancangan undang-undang Ibu Kota Negara untuk memindahkan ibu kota negara Indonesia ke hutan Kalimantan.

Beberapa media asing lain juga tidak ketinggalan memberitakan pemindahan ibu kota negara Indonesia ke Kalimantan. Ini termasuk, koran asal Singapura, The Straits Times; Media AS, Bloomberg; kantor berita Arab Saudi, Al Arabiya; lembaga penyiaran Jerman, Deutsche Welle (DW); dan media asal Jepang, Nikkei Asia.

Baca berita selengkapnya di sini.

Baca juga: Koalisi Saudi Kirim Serangan Balik Setelah Drone Houthi Berhasil Tembus Ibu Kota UEA

2. FOTO: Penampakan Tonga Sebelum dan Setelah Letusan Gunung Berapi, Kini Tertutup Abu

Pemerintah Tonga dan lembaga bantuan internasional melaporkan kerusakan signifikan terjadi di pulau utama Tonga setelah terjadinya letusan gunung berapi bawah laut dan disusul tsunami pada Sabtu (14/1/2022).

Pejabat Badan Kemanusiaan PBB mengatakan beberapa resor dan rumah di sepanjang pantai barat Tongatapu telah hancur atau rusak parah, dengan ibu kota Nuku'alofa tertutup abu.

Laporan awal setelah bencana mulai datang pada Senin (17/1/2022), setelah Australia dan Selandia Baru mengirim penerbangan pengintaian militer ke negara pulau Pasifik yang terisolasi itu.

Baca berita selengkapnya di sini.

Baca juga: Sejumlah Orang Dikhawatirkan Hilang, Pemerintah Tonga Nyatakan Bencana Luar Biasa

3. Tanggapan Mendagri Malaysia Soal Nasib Rohana, Wanita Keturunan Indonesia yang Kesulitan Dapat Kewarganegaraan

Sosok Rohana Abdullah, 22, telah menyita publik Malaysia belakangan ini.

Hal itu terjadi setelah wanita muslim keturunan Indonesia tersebut telah berhasil dibesarkan dengan baik dan mendapat pendidikan Islam meski berbeda agama dengan ibu angkatnya di Malaysia.

Kisah Rohana Abdullah dan ibu angkatnya bernama Chee Hoi Lan juga mendapat perhatian tersendiri dari Perdana Menteri (PM) Malaysia, Ismail Sabri Yaakob.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com