Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/10/2021, 17:06 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Newsweek

NEW DELHI, KOMPAS.com - Sekitar 17 pon (7,7 kg) muntahan paus sperma atau dikenal sebagai ambergris, disita oleh pejabat India akhir pekan lalu.

Ambergris adalah zat yang berasal dari usus paus sperma dan dilaporkan digunakan untuk membuat parfum kelas atas.

Baca juga: Ambergris Bisa Menguntungkan dan Legal? Ini Kumpulan Faktanya

Menurut National Geographic, ketika paus sperma mengalami "iritasi perut atau tenggorokan... mereka menutupinya dengan zat berminyak (ambergris) dan membuangnya."

"Ketika hewan itu memuntahkan massa, ia mengapung satu kaki di bawah permukaan laut. Hanya mereka yang mengetahuinya yang akan mengambilnya," kata seorang petugas kehutanan distrik di India, K. Arivozhi, mengatakan kepada The Hindu.

Times of India mengatakan pejabat kehutanan di Tiruvarur, Tamil Nadu, India memasang jebakan pada Sabtu (23/10/2021), setelah menerima petunjuk bahwa "geng" mencoba menjual zat tersebut ke pasar luar negeri.

Petugas mendekati dua pria yang diyakini memiliki ambergris dan menawarkan untuk membelinya.

Orang-orang itu jatuh ke perangkap dan keduanya ditangkap setelah mereka menawarkan untuk menjual 17 pon ambergris kepada petugas yang menyamar.

Baca juga: Temukan Muntahan Paus Diduga Bernilai Rp 17,8 Miliar, Nelayan Ini Kaya Mendadak

Pada laporan terakhir Times of India, dua pria yang tertangkap atas nama S Nijamudeen, 53 tahun, dan Zahir Hussain, 52 tahun, kini berada di penjara Nannilam.

Menurut Vice, muntahan ikan paus itu bernilai sekitar 1 juta dollar AS (14,2 miliar).

Adalah ilegal menggunakan ambergris di AS karena paus sperma dilindungi. Namun, ini sering digunakan di pasar luar negeri. Penjualan substansi ini juga juga dilarang di India.

Ini karena mereka yang ingin mengambil keuntungan dari zat tersebut, diketahui secara ilegal menargetkan paus sperma. Mereka berusaha "untuk mendapatkan Ambergris yang berharga dari perutnya," lapor The Indian Express.

Berbicara kepada Wakil, manajer senior tanggap bencana satwa liar di Humane Society International, Sumanth Bindumadhav, mengatakan para konservasionis lainnya khawatir bahwa lebih banyak orang akan mulai menargetkan paus sperma langsung untuk zat tersebut, daripada hanya mengumpulkannya saat muncul ke permukaan.

"Dulu orang secara kebetulan menemukan ambergris mengambang di lautan. Tapi ini bisa menyebabkan orang membunuh paus sperma dalam jumlah besar, hanya untuk mencari (ambergris) karena kemungkinan menemukannya sangat minim. ," ujarnya melansir Newsweek pada Selasa (26/10/2021).

Baca juga: Nelayan Terangkat dari Kemiskinan, Usai Temukan Muntahan Paus Seharga Rp 22 Miliar

Orang-orang yang ditangkap pada Sabtu (23/10/2021) ini bukanlah yang pertama ditangkap dengan zat ilegal di India dalam beberapa bulan terakhir.

Pada Juni, petugas kehutanan di Kerala, India menyita hampir 42 pon zat dari tiga pria, setelah menerima petunjuk bahwa sebuah kelompok berencana menjualnya di kota terdekat, kata Hindustan Times.

Mereka yang ditangkap dengan ambergris mengatakan kepada petugas bahwa mereka mengambilnya dari nelayan di Sri Lanka. Mereka semua akhirnya ditangkap karena memiliki atau memperdagangkan produk tersebut di India adalah ilegal.

Pada Agustus, media lokal melaporkan polisi menyita 176 pon zat dari sekelompok lima orang di Bengaluru, India.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com