Kompas.com - 11/09/2021, 15:38 WIB
Pembajak pesawat membunuh hampir 3.000 orang selama serangan terkoordinasi pada 11 September 2001. Serangan itu antara lain menarget menara kembar World Trade Center (WTC) di New York City, AS. Getty Images Pembajak pesawat membunuh hampir 3.000 orang selama serangan terkoordinasi pada 11 September 2001. Serangan itu antara lain menarget menara kembar World Trade Center (WTC) di New York City, AS.

KOMPAS.com – Rakyat Amerika Serikat (AS) mengingat 11 September 2001 sebagai salah satu hari terkelam dalam sejarah mereka.

Pada hari itu, sebanyak empat pesawat penumpang dibajak oleh 19 teroris dan digunakan untuk menyerang sejumlah landmark “Negeri Paman Sam”.

Orang-orang yang menyaksikan tragedi tersebut, baik melalui pemberitaan atau menjadi saksi, ingatan mengerikan mengenai serangan 9/11 bakal terus hidup dalam memori mereka.

Baca juga: Adobe Flash Tak Lagi Support, Sejumlah Liputan Ikonik 9/11 Hilang

Sementara bagi generasi yang lahir setelah tahun 2001, banyak di antara mereka yang mengajukan pertanyaan seputar serangan 11 September.

Saat AS menandai peringatan 9/11 ke-20 pada tahun ini, ada sejumlah pertanyaan yang kerap muncul mengenai tragedi tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melansir Indy100, berikut sejumlah pertanyaan yang kerap diajukan mengenai serangan 11 September dan jawabannya.

Baca juga: Detik-detik Serangan 9/11 di Markas Kementerian Pertahanan AS, Pentagon

Mengapa disebut 9/11?

Dua pesawat menabrak World Trade Center (WTC) di New York City dan satu pesawat menabrak markas Kementerian Pertahanan AS alias Pentagon di Washington DC.

Pesawat lain jatuh di sebuah lapangan dekat Shanksville, Pennsylvania, dan diyakini telah dibajak oleh teroris.

Serangan tersebut dilakukan pada 11 September 2001. Di AS, format penulisan tanggalnya yakni bulan dahulu lalu diikuti dengan hari dan tahun.

Dengan menggunakan format tersebut, tragedi itu terjadi pada 9/11/2001 dan disingkat menjadi 9/11.

Baca juga: Teori Konspirasi Runtuhnya WTC 9/11, Benarkah Ada Bom dalam Bangunan?

Halaman:

Sumber Indy 100
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.