Kompas.com - 11/09/2021, 14:43 WIB
Personel militer Ukraina ambil bagian dalam latihan perang di wilayah Zhytomyr pada 21 November 2018. AFP/SERGEI SUPINSKYPersonel militer Ukraina ambil bagian dalam latihan perang di wilayah Zhytomyr pada 21 November 2018.

YALTA, KOMPAS.com – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan, dia tidak dapat mengesampingkan kemungkinan perang skala penuh dengan Rusia.

Skenario terburuk tersebut bisa saja terjadi meski Zelenskiy mengeklaim terus mengupayakan kesepakatan damai dengan Moskwa untuk mengakhiri pertempuran wilayah timur.

Hal itu disampaikannya ketika ditanya wartawan dalam pertemuan tahunan Yalta European Strategy (YES) pada Jumat (10/9/2021).

Baca juga: Profil Pemimpin Dunia: Volodymyr Zelensky, Presiden Ukraina

Dia mengatakan, kemungkinan perang berskala besar bisa saja terjadi dan itu menjadi skenario terburuk antara dua negara.

Melansir Radio Free Europe, Zelenskiy menuturkan bila skenario terburuk tersebut benar-benar terjadi, maka itu akan menjadi kesalahan terbesar Rusia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Awal tahun ini, Rusia mengerahkan sekitar 10.000 tentaranya di wilayah perbatasan dengan Ukraina dan wilayah Crimea yang dicaplok Moskwa.

Tindakan itu disebut Amerika Serikat (AS) sebagai bentuk intimidasi terhadap Kiev.

Baca juga: Tentara Ukraina Tewas, Dua Terluka dalam Serangan Separatis Pro-Rusia

Zelenskiy menuturkan, dia berupaya mengadakan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menyelesaikan pertempuran di timur.

Tetapi, lanjut Zelenskiy, Putin hanya menunjukkan sedikit minatnya. Keduanya pertama kali bertemu di Paris, Perancis, pada Desember 2019 untuk pembicaraan damai.

“Mereka tidak melihat intinya dalam hal ini, untuk menyelesaikan masalah dan segera mengakhiri perang,” kata Zelenskiy.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.