Kompas.com - 01/07/2021, 15:03 WIB
Perayaan ulang tahun ke-100 Partai Komunis China pada Senin (28/6/2021). AP PHOTO/NG HAN GUANPerayaan ulang tahun ke-100 Partai Komunis China pada Senin (28/6/2021).

BEIJING, KOMPAS.com - Partai Komunis China (PKC) merayakan hari jadinya yang ke-100 pada Kamis (1/7/2021), dengan sejumlah hal yang tetap disembunyikan dari publik.

PKC juga mengontrol ketat informasi yang keluar dari mereka, mengawasi, dan menindak para pembangkang.

Berikut adalah lima hal yang disembunyikan Partai Komunis China, dan melarang publik "Negeri Panda" membicarakannya.

Baca juga: Kenapa 92 Juta Orang Gabung Partai Komunis China? Ini Alasan Para Anggota

1. Siapa saja anggotanya?

Partai Komunis China mengklaim punya 95,1 juta anggota, tetapi daftar nama lengkapnya tidak pernah dipublikasikan.

Proses pendaftaran juga tidak mudah. Ada aplikasi dua tahun yang ketat, untuk menilai apakah pendaftar memiliki riwayat yang bersih.

PKC adalah partai politik terbesar kedua di dunia, setelah BJP (Bharatiya Janata Party) yang dipimpin Perdana Menteri India Narendra Modi dengan klaim memiliki 180 juta anggota.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari angka terbaru yang dirilis oleh Departemen Organisasi PKC, hanya 6,5 juta anggota yang merupakan buruh dan 25,8 juta adalah pekerja pertanian.

Selain itu adalah mayoritas 41 juta profesional kerah putih dan 19 juta pensiunan kader.

“Pada konferensi tingkat tertinggi perwakilan partai, kita dapat melihat bahwa itu murni parpol yang terdiri dari kelas birokrat,” kata analis politik yang berbasis di Beijing, Wu Qiang, kepada AFP.

2. Bagaimana pendanaannya?

Suasana perayaan peringatan 100 tahun berdirinya Partai Komunis China di Lapangan Tiananmen, Beijing, Kamis, (1/7/2021).AP PHOTO/NG HAN GUAN Suasana perayaan peringatan 100 tahun berdirinya Partai Komunis China di Lapangan Tiananmen, Beijing, Kamis, (1/7/2021).
Anggaran PKC juga tidak dipublikasikan, sedangkan membicarakan kekayaan pribadi para pemimpinnya adalah topik yang sangat sensitif.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber AFP
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.