Kekuasaan Fidel Castro dan Adiknya Berakhir, Warga Kuba di AS Gembira

Kompas.com - 18/04/2021, 20:28 WIB
Foto yang diambil pada 26 Juni 2002 menunjukkan Presiden Kuba Fidel Castro (kiri) memberikan pidato di Istana Konvensi, Havana, di sebelah adiknya, Menteri Angkatan Udara Raul Castro. AFP PHOTO/ADALBERTO ROQUEFoto yang diambil pada 26 Juni 2002 menunjukkan Presiden Kuba Fidel Castro (kiri) memberikan pidato di Istana Konvensi, Havana, di sebelah adiknya, Menteri Angkatan Udara Raul Castro.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Horacio Llerena begitu gembira saat Pemimpin Kuba Raul Castro, adik Fidel Castro, mengumumkan pengunduran diri.

Llerena, seorang kontraktor di New Jersey, merupakan satu dari warga Kuba yang mengungsi ke AS di 1980 saat dinastri Castro berkuasa.

"Kami begitu gembira. Kami sudah menantikan momen ini," ujar pria 61 tahun itu di Taman Jose Marti, Union City.

Baca juga: Akhir Dinasti Castro, Raul Mengundurkan Diri dari Partai Komunis Kuba

Taman itu menampilkan patung perunggu penyair dan patriot Kuba abad 19, yang tinggal di pengasingan New York pada 1880.

Jose Marti diangkat sebagai pahlawan karena kembali dan memerangi imperialisme Spanyol, di mana dia tewas pada 1895.

Layaknya Marti, Llerena juga awalnya pindah ke New York dari Havana, sebelum pindah lagi ke New Jersey pada 1982.

Dianggap sebagai Havana di Hudson, Union City dan New York Barat merupakan rumah bagi komunitas Kuba sejak 1940-an.

Llerena menuturkan, meski Raul Castro mundur dari jabatannya di partai komunis, sangat sedikit perubahan yang bakal terjadi.

"Setiap orang yang ada hubungannya dengan partai komunis harus angkat kaki," kata dia. "Mereka harus membayar kejahatan selama 61 tahun."

Baca juga: [Cerita Dunia] Kemenangan Gerilyawan Pimpinan Fidel Castro dalam Revolusi Kuba

Setelah dua periode menjadi presiden, adik Fidel Castro mengundurkan diri pada 2018, memberikan jalan bagi penerusnya, Miguel Diaz-Canel Bermudez maju.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X