Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Kepemimpinan Indonesia di Kelompok 77 & RRT di Tengah Tantangan Pandemi Covid-19

Kompas.com - 17/03/2021, 12:43 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

ROMA, KOMPAS.com - Indonesia mengakhiri kepemimpinan dalam Kelompok 77 & RRT di Roma pada 2020.

Bersamaan dengan itu, perwakilan Indonesia menegaskan kembali pada Senin (15/3/2021) tentang pentingnya multilateralisme, kerja sama internasional dalam penanganan pandemi Covid-19 dan upaya bersama untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs).

Keketuaan tahun ini diserahterimakan oleh Wakil Tetap (Dubes) RI untuk PBB di Roma, Esti Andayani, secara simbolis melalui penyerahan palu sidang ke Dubes/Wakil Tetap Argentina, Carlos Cherniak, secara virtual.

Baca juga: Dzaki Sukarno Ingin Jadi Penyanyi Country Pertama dari Indonesia Usai Raih Golden Ticket American Idol

Pertemuan dihadiri oleh lebih dari 80 negara anggota Kelompok 77 & RRT, menurut siaran pers KBRI Roma yang diterima Kompas.com pada Rabu (17/3/2021).

Serah terima kepemimpinan dari Indonesia ke Argentina itu dihadiri pula oleh para pimpinan FAO, IFAD, dan WFP, Ketua Independen Dewan FAO, dan Deputi Utusan Khusus Sekjen PBB untuk KTT PBB untuk Sistem Pangan (UN Food Systems Summit).

Andayani kemudian menyampaikan capaian Indonesia selama kepemimpinan pada 2020, seperti dihasilkannya sejumlah pernyataan bersama (joint statements) atas isu-isu vital yang menjadi kepentingan negara berkembang di Roma.

Baca juga: Berawal dari Lagu Indonesia, Dzaki Sukarno Raih Golden Ticket American Idol

Pernyataan bersama itu di antaranya, mengenai penyesuaian program kerja dan anggaran FAO dan penanganan dampak sosial ekonomi dari pandemi Covid-19.

Selain itu, Indonesia berhasil menuntaskan upaya penguatan Sekretariat Kelompok 77 dan RRT dengan rekrutmen staf dan memfinalisasi kontribusi pendanaan sebesar 200.000 dollar AS (Rp 2,9 miliar) dari Pemerintah China.

Untuk mendorong inovasi dan representasi di media, Indonesia juga telah mendorong pembahasan mengenai perlunya keterwakilan Kelompok 77 & RRT di Roma melalui pembuatan media sosial.

Baca juga: Cerita Dzaki Sukarno, Mahasiswa Indonesia yang Dapat Golden Ticket American Idol

Indonesia juga selalu aktif terlibat di dalam koordinasi dan komunikasi rutin dengan Chapters Kelompok 77 & RRT lainnya di New York, Jenewa, Wina, Paris, dan Nairobi, secara berkala.

Tidak lupa, Andayani juga menyatakan komitmen Indonesia untuk mendukung keketuaan Argentina selama setahun ke depan, khususnya dalam memperjuangkan kepentingan negara berkembang di berbagai forum pangan penting pada 2021, seperti KTT PBB untuk Sistem Pangan.

Selama setahun terakhir, untuk pertama kalinya dalam sejarah, keketuaan Kelompok 77 dan RRT dijalankan seluruhnya dengan menggunakan metode virtual.

Baca juga: Termasuk Indonesia, Ini 13 Negara yang Tangguhkan Vaksin AstraZeneca

Atas hal ini, Andayani menghargai negara anggota Kelompok 77 dan RRT yang menunjukkan sikap kompromis, fleksibel, dan mudah beradaptasi terhadap tantangan pandemi Covid-19.

Para pimpinan Badan PBB di Roma dan negara anggota G77 dan RRT menyampaikan penghargaan dan apresiasi tinggi atas kepemimpinan Indonesia. 

Dalam masa sulit akibat pandemi dipandang tetap dapat menjaga soliditas kelompok dan bahkan mampu menunjukkan peran aktif berkontribusi menyuarakan kepentingan negara berkembang dalam upaya menjaga sistem dan keamanan pangan.

Baca juga: Wanita Asal Indonesia Dibunuh Tetangganya di Malaysia untuk Bayar Utang Rp 17,5 Juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com