Kompas.com - 17/03/2021, 10:44 WIB
Uber PHK karyawannya. SHUTTERSTOCKUber PHK karyawannya.

LONDON, KOMPAS.com - Uber akan memberikan hak pekerja, termasuk upah minimum dan pembayaran liburan, kepada lebih dari 70.000 pengemudinya di Inggris.

Kebijakan ini dilakukan setelah raksasa aplikasi pemesan pengemudi ini kalah dalam pertempuran di Mahkamah Agung bulan lalu.

Uber pada Selasa (16/3/2021) mengatakan akan memberikan status karyawan bagi pengemudi di Inggris, dengan tunjangan termasuk upah minimum dan gaji liburan.

Pergeseran kebijakan akan mulai berlaku pada Rabu (17/3/2021) melansir DW.

Beberapa minggu setelah Mahkamah Agung memutuskan melawan Uber, perusahaan AS ini merespons dengan secara resmi mengubah status mereka yang mengemudi untuk perusahaan tersebut.

Perubahan tersebut berarti pengemudi sekarang berhak atas pensiun.

Baca juga: Pengemudi Mobil Uber Diserang Penumpang Tak Pakai Masker dengan Batuk di Wajahnya

Perubahan taktik

Ini adalah perubahan signifikan dalam model bisnis perusahaan ini. Uber telah lama menyatakan bahwa pengemudinya adalah wiraswasta.

Kasus ini kembali ke lima tahun yang lalu, dimulai dengan dua mantan pengemudi Uber yang membawa perusahaan ini ke pengadilan ketenagakerjaan.

Pengadilan memutuskan bahwa mereka berhak atas hak seperti liburan berbayar.

Uber mengajukan banding atas keputusan tersebut dan membawa kasus ke pengadilan tinggi Inggris, yang memutuskan menentangnya pada 19 Februari.

Baca juga: Video Detik-detik Kecelakaan Maut BMW Singapura, Pacar Pengemudi Nekat Terobos Kobaran Api

Halaman:

Sumber DW
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X