Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Biden Copot Dokter Gedung Putih yang Rawat Trump

Kompas.com - 26/01/2021, 11:18 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memecat dokter yang selama ini bertugas di Gedung Putih, lapor The Independent, Selasa (26/1/2021).

Dr Sean Conley, dokter yang ditunjuk mantan Presiden Donald Trump, dicopot dari jabatannya oleh Presiden Biden karena pernah mengatakan bahwa Trump dalam keadaan "sangat baik" setelah didiagnosis positif Covid-19.

Padahal, laporan saat itu menunjukkan bahwa Trump menerima oksigen tambahan dan memiliki efek samping akibat penyakit tersebut.

Baca juga: 6 Hari Menjabat, Berikut Daftar Lengkap Kebijakan Eksekutif Biden

Biden mengganti dr Conley dengan dokter lamanya, dr Kevin O'Connor, ketika masih menjabat sebagai Wapres AS.

Melansir CNN, dr Kevin O'Connor adalah seorang pensiunan Kolonel Angkatan Darat AS yang menjabat sebagai dokter Biden selama masa jabatan sebagai Wapres AS.

Walau pencopotan seperti itu tidak jarang dilakukan presiden baru, tak sedikit dokter dari presiden lama tetap bertugas di pemerintahan berikutnya.

Baca juga: Champ dan Major Akhirnya Susul Keluarga Biden Tinggal di Gedung Putih


Dr Conley tampak meninggalkan Gedung Putih bersama Trump pada hari terakhir kepresidenan Trump.

Meski begitu, Gedung Putih masih belum memberikan pernyataan tentang pengangkatan dr O'Connor.

Dr O'Connor pada 2019 mendeskripsikan Biden, presiden tertua yang pernah dilantik, sebagai pria berusia 77 tahun yang sehat, bersemangat, dan siap menjalankan tugas kepresidenan secara fisik.

Baca juga: Joe Biden Dikabarkan Izinkan Transgender Daftar Tentara AS

Biden sendiri kerap meyakinkan pendukungnya tentang kondisi fisiknya, "Dengar, adalah suatu hal yang sah untuk mengkhawatirkan usia saya. Sama seperti kekhawatiran yang sah-sah saja ketika saya berusia 29 tahun ketika menjadi Senator AS. Saya pikir itu sepenuhnya sah. Satu-satunya hal yang bisa saya katakan adalah saksikanlah, saksikanlah. Periksa tingkat energi saya, tentukan apakah saya tahu apa yang saya bicarakan."

Dengan menjadi dokter presiden, dr O’Connor akan selalu melakukan perjalanan dengan Biden dan mengawasi kesehatan keluarga sang presiden bersama dengan staf Unit Medis Gedung Putih.

Baca juga: Telepon Pertama Biden ke Macron, Ini 4 Poin yang Dibahas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com