Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Ini Klaim Temukan Berlian Terbesar, Harganya Setara 13.200 Unit iPhone 11 Pro Max

Kompas.com - 24/08/2020, 12:31 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

LESOTHO, KOMPAS.com – Seorang penambang mengklaim telah menemukan berlian terbesar di dunia tahun ini.

Seorang ahli mengklaim batu berkualitas tinggi itu bisa bernilai hingga 25 juta dollar Australia atau (Rp 264 miliar) sebagaimana dilansir dari 9 News, Senin (24/8/2020).

Jika disetarakan, uang taksiran tersebut dapat digunakan untuk membeli sekitar 13.200 unit iPhone 11 Pro Max Midnight Green 256 GB yang dibanderol Rp 19,9 juta per unit di salah satu marketplace daring.

Batu berlian dengan kadar 442 karat tersebut ditemukan oleh seorang karyawan Gem Diamonds Ltd di Tambang Letseng di negara Lesotho, Afrika.

Gem Diamonds Ltd dikenal karena konsistensinya dalam menemukan berlian besar berkualitas tinggi, terutama di Tambang Letseng.

Baca juga: Pengusaha Ini Pesan Masker Termahal di Dunia Seharga Rp 22 Miliar, Bertakhtakan Emas dan Berlian

Pada 2018, perusahaan tersebut menemukan berlian 910 karat berkualitas sangat tinggi yang dijuluki "Lesotho Legend".

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada Jumat, CEO Gem Diamonds Ltd Clifford Elphick sangat gembira dengan penemuan tersebut.

"Temuan berlian 442 karat yang luar biasa ini, salah satu berlian kualitas permata terbesar di dunia yang ditemukan tahun ini,” kata Elphick.

Dia menambahkan bahwa temuan tersebut merupakan konfirmasi lebih lanjut tentang Tambang Letseng dan kemampuannya yang secara konsisten menghasilkan berlian besar dan berkualitas tinggi.

Baca juga: Masker Wajah Termahal di Dunia dengan 3.600 Berlian, Berapa Harganya?

"Ini juga merupakan bukti atas dedikasi para karyawan di perusahaan kami dalam menemukan berlian yang luar biasa ini," sambung Elphick.

Penemuan berlian tersebut terjadi ketika industri berlian tengah lesu secara global karena pandemi virus corona.

Meskipun demikian, Gem Diamonds mengumumkan, sebagian dari hasil penjualan berlian tersebut akan digunakan untuk mendanai proyek komunitas dengan Pemerintah Lesotho.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com