Di Bangladesh, 12 Jurnalis Tewas Karena Covid-19

Kompas.com - 13/07/2020, 21:15 WIB
Ilustrasi: perawatan pasien positif terinfeksi virus corona ShutterstockIlustrasi: perawatan pasien positif terinfeksi virus corona

DHAKA, KOMPAS.com - Setidaknya 12 jurnalis meninggal dunia karena positif terinfeksi Covid-19 dan 9 jurnalis meninggal dengan gejala virus corona di Bangladesh.

Meski jumlah kematian tersebut masih di bawah jumlah kematian tenaga medis, namun jumlah tersebut mengindikasikan bahwa pekerjaan sebagai jurnalis di Bangladesh merupakan pekerjaan yang rawan.

Di seluruh dunia, 186 jurnalis telah meninggal saat pandemi berdasarkan Press Emblem Campaign yang berbasis di Jenewa, Swiss.

Dari jumlah kematian jurnalis tersebut, Peru menyumbang jumlah kematian paling banyak dengan 37 kematian. Disusul Brasil dengan 16 kematian.

Total jumlah jurnalis yang meninggal tersebut merupakan jurnalis yang positif terinfeksi virus corona sebagaimana dilansir dari The Telegraph, Senin (13/7/2020).

Baca juga: Seorang Wartawan Meninggal karena Covid-19, 20 Jurnalis Lainnya Jalani Rapid Test

Sejumlah Jurnalis di Bangladesh menyalahkan kurangnya alat pelindung diri ( APD) saat meliput di garis terdepan pandemi atas total kematian tersebut.

Kelompok sukarelawan yang berbasis di Dhaka, Our Media,Our Right, melaporkan temuan 555 kasus jurnalis yang terinfeksi virus corona.

Di negara tersebut, total kasus terkonfirmasi virus corona sebanyak 172.000 kasus dengan total kematian 2.000 orang.

Koordinator Our Media, Our Right Ahammad Foyez mengatakan pengusaha media harus bertanggung jawab terhadap jurnalisnya yang meliput kasus virus corona di garis terdepan seperti rumah sakit.

Seorang reporter senior dari Jamuna Television, Akhlakus Safa, mengatakan kali pertama dia merasakan gejala Covid-19 setelah liputan dari rumah sakit.

Baca juga: Jurnalis Rusia Mengaku Tangannya Patah akibat Diserang Polisi

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X