Skandal 1MDB, Malaysia Cabut Tuduhan ke Produser "The Wolf of Wall Street"

Kompas.com - 14/05/2020, 16:43 WIB
Salah satu iklan perusahaan investasi Malaysia, 1MDB di salah satu sudut ibu kota Kuala Lumpur. AP PhotoSalah satu iklan perusahaan investasi Malaysia, 1MDB di salah satu sudut ibu kota Kuala Lumpur.

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Jaksa Malaysia pada Kamis (14/5/2020) mencabut tuduhan pencucian uang terkait skandal 1MDB, kepada salah satu produser film The Wolf of Wall Street.

Pencabutan tuduhan ini dilakukan setelah ia menyetujui penyelesaian dengan pemerintah.

Riza Aziz yang juga merupakan anak tiri eks PM Malaysia Najib Razak, ditangkap pada Juli karena dituduh menerima hampir 250 juta dollar AS (Rp 3,73 triliun) dari skandal 1MDB yang menggerogoti kekayaan negara.

Baca juga: Viral Foto Bangku Bioskop di Malaysia Berjamur karena Lockdown

Dana korupsi yang dijarah dari kekayaan negara itu dibelanjakan berbagai macam barang, mulai dari kapal pesiar hingga karya seni bernilai tinggi.

Namun seorang hakim setuju memberikan Riza pembebasan terbatas - yang berarti dakwaan telah dibatalkan - setelah ia menyetujui penyelesaian dengan pemerintah, ujar Jaksa Ahmad Akram Gharib dikutip dari AFP.

Ahmad tidak mengungkapkan jumlahnya, tetapi laporan mengatakan mencapai beberapa juta ringgit.

Riza dituduh menerima 248,17 juta dollar AS (Rp 3,7 triliun) pada 2011 dan 2012 dalam pembagian dari hasil skandal 1MDB.

Baca juga: Mahathir Mohamad Ungkap Alasannya Mundur sebagai PM Malaysia

Halaman:

Sumber AFP
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X