Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melahirkan Saat Pulang Kampung, Ibu di India Jalan 160 Km Bersama Bayinya

Kompas.com - 14/05/2020, 14:52 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

SATNA, KOMPAS.com - Seorang ibu di India berjalan sejauh 160 km bersama bayinya setelah melahirkan di tengah perjalanan untuk pulang kampung.

Perempuan itu dilaporkan jalan bersama dengan suami dan empat anaknya dari Nashik di Maharashtra menuju Satna (Madhya Pradesh) karena wabah virus corona.

Kavita Kanesh, petugas di pos pemeriksaan Madhya Pradesh menerangkan, di tengah jalan untuk pulang kampung, ibu itu berhenti dan melahirkan.

Baca juga: Pria 71 Tahun Dihukum Polisi India karena Buka Warung Sayur di Saat Lockdown

Kemudian, dia bersama bayi yang baru dilahirkannya berjalan sejauh 160 km sebelum mereka dihentikan di pos pemeriksaan negara bagian.

Dilaporkan CNN Rabu (13/5/2020), diketahui si bayi lahir pada 5 Mei, atau sekitar empat hari sebelum mereka mencapai perbatasan.

"Dia beristirahat selama 1,5 sampai dua jam sebelum kemudian melanjutkan perjalanan karena tak punya uang atau kendaraan," jelas Kanesh.

Diberitakan TOI via India Times, perempuan itu diidentifikasi bernama Shakuntala, sementara suaminya bernama Rakesh Koul.

Koul mengatakan, selama mereka menempuh perjalanan, mereka mendapat banyak sekali kebaikan, seperti keluarga Sikh memberi pakaian dan perlengkapan bayi di Dhule.

Si suami mengungkapkan, mereka terpaksa untuk pulang ke kampung halaman setelah kehilangan pekerjaan di Nashik karena pandemi virus corona.

Karena kehilangan penghasilan di tengah penerapan lockdown, mau tidak mau mereka harus kembali ke desa mereka, Uchhahra, di Satna.

Baca juga: Kisah Pelaut India Diculik Bajak Laut Selama 70 Hari: Hanya Makan Mie, Dibacok Pisau, dan Tidak Digaji Pemilik Kapal

"Di Nashik kami tidak bisa makan karena tak punya uang. Jadi, kami terpaksa kembali ke desa di mana saya tahu ada yang bisa membantu kami," jelas Koul.

Ketika keluarga mereka mencapai Pimpalgaon, Shakuntala merasa perutnya sakit. Mereka pun berhenti di dekat perbatasan Bijasan agar si istri bisa bersalin.

Begitu mereka sampai ke Bijasan, mereka disambut oleh polisi perbatasan, termasuk Kavita Kanesh, yang memberi mereka makan serta minum.

Petugas perbatasan juga memberikan alas kaki bagi anak-anak Koul setelah diketahui keempatnya berjalan sambil bertelanjang kaki.

Kanesh menerangkan, dia berencana untuk membawa Shakuntala ke fasilitas karantina, sehingga ibu itu bisa mendapat perawatan maksimal.

Ribuan pekerja migran seantero Negeri "Bollywood" memutuskan pulang kampung setelah lockdown diterapkan New Delhi pada Maret.

Berdasarkan data dari Universitas Johns Hopkins, India melaporkan lebih dari 78.000 kasus dan 2.551 kematian karena Covid-19.

Baca juga: Polisi India Kuburkan Jenazah yang Ditolak Keluarga karena Takut Tertular Covid-19

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com