Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Bantah Minta Pujian dari Jerman soal Penanganan Virus Corona

Kompas.com - 13/04/2020, 21:02 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - China membantah adanya laporan bahwa mereka meminta pujian dari Jerman terkait penanganan atas wabah virus corona.

Beijing mendapatkan kritik, terutama dari AS, mengenai respons mereka dalam menangani wabah yang pertama terdeteksi di Wuhan pada Desember 2019 itu.

China kemudian mengirim bantuan ke Eropa dalam beberapa pekan terakhir, langkah yang dianggap untuk menghindari tanggung jawab.

Baca juga: China Minta Jerman Puji Penanganan Virus Corona Mereka

Berdasarkan harian Die Welt yang mengutip dokumen rahasia Kementerian Luar Negeri Jerman, pejabat senior hingga staf semua kementerian diundang.

Kepada para pejabat Jerman, perwakilan China itu meminta agar mereka mendapat komentar positif atas penanganan terhadap virus corona.

Kementerian luar negeri langsung merekomendasikan agar semua badan negara menolak permintaan itu. Saat dikonformasi, mereka menolak menjawab.

Meski begitu, sumber dari intelijen mengungkapkan, Beijing berusaha mengejar kebijakan propaganda tentang cara mereka menangani pandemi.

Kantor Perlindungan Konstitusi Jerman menyatakan, Negeri "Panda" berusaha melawan narasi bahwa wabah Covid-19 muncul di daerah mereka.

Jadi, mereka berusaha menonjolkan bantuan mereka kepada negara Barat agar Negeri "Panda" bisa dipandang sebagai "mitra yang dapat dipercaya".

Dalam pernyataan tertulisnya sebagaimana diwartakan AFP Senin (13/4/2020), Kementerian Luar Negeri China dengan tegas membantahnya.

Negeri "Panda" menyatakan, tujuan utama mereka adalah melindung nyawa dan kesehatan tak hanya rakyatnya, tapi juga mempertahankan kesehatan global.

"Sama sekali tak terbersit dalam pikiran kami untuk mencari pujian, atau melancarkan "perang propaganda", ujar kementerian luar negeri.

Adapun Kementerian Luar Negeri Jerman menolak untuk mengonfirmasi atau membantah laporan yang dipublikasikan oleh Die Welt tersebut.

Baca juga: China Waspada Kasus Impor Covid-19, Orang Afrika Jadi Sasaran Rasialisme

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com