MBS Perintahkan Penangkapan Tiga Anggota Senior Kerajaan Arab Saudi

Kompas.com - 07/03/2020, 12:38 WIB
Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (kiri) berbicara dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz di Istana Diriya di Riyadh selama KTT Dewan Kerja Sama Teluk (GCC), Minggu (9/12/2018). (AFP/SPA/Bandar Al-Jaloud) Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (kiri) berbicara dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz di Istana Diriya di Riyadh selama KTT Dewan Kerja Sama Teluk (GCC), Minggu (9/12/2018). (AFP/SPA/Bandar Al-Jaloud)

RIYADH, KOMPAS.com - Media AS mengabarkan, tiga anggota keluarga Kerajaan Arab Saudi, termasuk adik laki-laki Raja, ditangkap atas perintah MBS tanpa alasan yang jelas. 

Tiga anggota keluarga Kerajaan ditangkap pada Jumat (6/3/2020) pagi berdasarkan keterangan New York Times dan Wall Street Journal.

Dua dari anggota keluarga itu merupakan figur paling berpengaruh di Saudi.
Penahanan ini berkaitan dengan perintah dari Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS).

Peristiwa penangkapan ini mengingatkan pada 2017, ketika belasan tokoh keluarga Kerajaan Saudi yang terdiri dari kementerian dan pebisnis ditahan di Hotel Ritz-Carlton di Riyadh setelah perintah penangkapan keluar dari Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Baca juga: PM Israel Dikabarkan Bertemu Putra Mahkota MBS, Ini Jawaban Arab Saudi

Tiga orang itu di antaranya adik laki-laki sang Raja, Pangeran Ahmed bin Abdulaziz, mantan putra mahkota Mohammed bin Nayef, dan sepupu putra mahkota Pangeran Nawaf bin Nayef.

Mohammed bin Nayef tadinya seorang menteri dalam negeri sebelum diturunkan dan menjadi tahanan keluarga Kerajaan oleh Mohammed bin Salman pada 2017.

Para penjaga tiba di lingkungan rumah keluarga Kerajaan menggunakan masker wajah dan berpakaian serba hitam ketika berusaha melakukan penangkapan.

Jika memang benar, hal ini merupakan upaya signifikan yang dilakukan oleh putra mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, untuk melakukan konsolidasi atas posisinya.

Pangeran Ahmed bin Abdelaziz yang ditangkap merupakan salah satu dari anak laki-laki terakhir yang bertahan dalam keluarga Kerajaan.

Raja Abdelaziz dahulunya merupakan pesohor yang dihormati di seluruh keluarga Kerajaan.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X