Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rangkuman Hari Ke-621 Serangan Rusia ke Ukraina: Rusia Usul Cara Akhiri Perang di Gaza | Ukraina Klaim Hancurkan Askold

KYIV, KOMPAS.com – Masih ada beberapa hal baru yang terjadi mewarnai perang Rusia-Ukraina hari ke-621 pada Senin (6/11/2023).

Ini termasuk, Rusia menyerukan “tindakan kolektif” untuk mengakhiri pertempuran antara Israel dan Hamas, termasuk konferensi internasional.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, tentaranya telah menghancurkan Askold, sebuah kapal besar Rusia di galangan kapal Kerch di Crimea yang dianeksasi.

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-621 yang dapat Anda simak:

Rusia desak tindakan kolektif untuk akhiri perang Hamas-Israel

Rusia pada Senin menyerukan “tindakan kolektif” untuk mengakhiri pertempuran antara Israel dan Hamas, termasuk konferensi internasional.

Rusia, yang telah melancarkan operasi militer besar-besaran di Ukraina selama lebih dari 20 bulan, juga berulang kali mengkritik kebijakan Barat di Timur Tengah.

Moskwa mempertahankan hubungan dengan Hamas dan Israel dan mengatakan pihaknya dapat menengahi konflik tersebut.

“Dengan latar belakang meningkatnya kekerasan yang belum pernah terjadi sebelumnya di zona konflik Palestina-Israel, terdapat semakin banyak seruan untuk melakukan tindakan kolektif untuk meredakan situasi di Timur Tengah, termasuk mengadakan konferensi internasional,” kata Kementerian Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan, dikutip dari AFP.

Rusia serang Odessa, rusak museum dan lukai 8 orang

Wakil Menteri Luar Negeri Ukraina Emine Dzheppar pada Senin mengatakan, serangan Rusia semalam di wilayah Odessa, Ukraina selatan, menyebabkan delapan orang terluka dan merusak sebuah museum seni bersejarah.

Berdasarkan gambar-gambar yang dirilis oleh para pejabat dari dalam Museum Seni Rupa Nasional Odessa, terlihat beberapa karya seni sampai terlepas dari dinding-dinding bangunan abad ke-19 itu.

Sementara, jendela-jendela pecah akibat bombardir dari udara. 

Emine Dzheppar mengatakan bahwa Ukraina sangat marah atas serangan tersebut dan mendesak badan warisan dunia yang berbasis di Paris, UNESCO, untuk mengutuk serangan tersebut.

Ukraina tetapkan pejabat pertahanan sebagai tersangka dalam skandal penipuan

Jaksa penuntut Ukraina pada Senin mengumumkan bahwa mereka telah secara resmi memberi tahu dua pejabat senior pertahanan bahwa mereka adalah tersangka dalam kasus penipuan berskala besar yang melibatkan pembelian seragam militer dari perusahaan Turkiye.

Ukraina telah berjuang keras melawan korupsi sistemik sebagai bagian dari reformasi yang didesak oleh Barat agar dapat menjadi anggota lembaga-lembaga seperti Uni Eropa.

Jaksa penuntut mengatakan bahwa mereka telah menginformasikan kepada mantan wakil menteri pertahanan dan bawahannya bahwa mereka sedang diselidiki atas penggelapan dana negara dan menghalangi kegiatan yang sah dari Angkatan Bersenjata Ukraina.

Kasus senilai hampir 28 juta dolar AS ini berpusat pada pengadaan seragam musim dingin dari sebuah perusahaan Turkiye, yang oleh para jurnalis Ukraina dikaitkan dengan seorang anggota partai Presiden Volodymyr Zelensky.

Para jaksa penuntut mengatakan bahwa para pejabat tersebut bertanggung jawab atas pengujian yang tidak benar terhadap seragam "berkualitas rendah", termasuk jaket dan sepatu bot yang tidak memenuhi persyaratan teknis.

Badan Olimpiade Rusia ajukan banding atas skorsing IOC di CAS

Badan Olimpiade Rusia pada Senin mengajukan banding terhadap penangguhan mereka oleh Komite Olimpiade Internasional di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Sebelumnya, IOC menangguhkan Komite Olimpiade Rusia (ROC) pada 12 Oktober karena melanggar integritas teritorial keanggotaan Ukraina dengan mengakui wilayah yang dianeksasi secara ilegal.

ROC telah mengakui organisasi regional dari empat wilayah Ukraina yang dianeksasi sejak invasi Rusia dimulai pada tahun 2022.

CAS mengatakan dalam bandingnya ke pengadilan yang berbasis di Swiss, bahwa Komite Olimpiade Rusia meminta agar Keputusan yang Digugat dikesampingkan dan ditetapkan kembali sebagai Komite Olimpiade Nasional yang diakui oleh IOC.

Kyiv klaim hancuran kapal besar Rusia di Laut Hitam

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Senin mengatakan, tentaranya telah menghancurkan Askold, sebuah kapal besar Rusia di galangan kapal Kerch di Crimea yang dianeksasi.

“Saya berterima kasih kepada semua orang yang memastikan keberhasilan penghancuran kapal Rusia di galangan kapal Kerch,” katanya dalam sebuah pidato.

Dia berbicara dua hari setelah Kyiv mengatakan pihaknya “berhasil” melakukan serangan di daerah tersebut.

Presiden Ukraina katakan saat ini bukan waktunya gelar pemilu

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Senin mengaku yakin ini bukan waktu yang tepat untuk mengadakan pemilu.

Dia berkata demikian di tengah perdebatan di antara para pemimpin negara tersebut mengenai kemungkinan pemilihan presiden pada tahun 2024.

Semua pemilu termasuk pemilu presiden yang dijadwalkan berlangsung musim semi mendatang secara teknis dibatalkan berdasarkan darurat militer yang berlaku sejak perang dimulai tahun lalu.

“Kita harus memutuskan bahwa sekarang adalah masa pertahanan, masa pertempuran, yang menjadi sandaran nasib negara dan rakyat,” kata Zelensky dalam pidato hariannya.

Dia mengatakan ini adalah waktu bagi negara untuk bersatu, bukan terpecah belah.

"Saya yakin sekarang bukanlah waktu (yang tepat) untuk mengadakan pemilu," jelas dia.

https://www.kompas.com/global/read/2023/11/07/125300570/rangkuman-hari-ke-621-serangan-rusia-ke-ukraina--rusia-usul-cara-akhiri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke