Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rusia Luncurkan Serangan Rudal Besar-besaran ke Kryvyi Rih di Ukraina Tengah

KYIV, KOMPAS.com - Rusia telah melancarkan serangan rudal secara masif di kota Kryvyi Rih, Ukraina tengah pada Senin (12/6/2023) malam.

"Ada yang tewas dan terluka. Serangan rudal besar-besaran terhadap Kryvyi Rih telah terjadi," kata Serhiy Lisak, gubernur wilayah Dnipropetrovsk tempat Kryvyi Rih berada, di aplikasi perpesanan Telegram, Selasa (13/6/2023).

Pada Selasa dini hari, sirene serangan udara dilaporkan telah meraung di banyak wilayah Ukraina.

Pejabat militer di Kyiv mengatakan, pasukan pertahanan udara menghancurkan semua rudal Rusia yang menargetkan ibu kota Ukraina.

Komando militer utama Ukraina menyampaikan, angkatan udara telah menghancurkan sebanyak 10 dari 14 rudal jelajah yang diluncurkan Rusia ke Ukraina.

Jumlah rudal yang menghantam Kryvyi Rih sendiri belum jelas ada berapa banyak.

Yang jelas, Wali Kota Kryvyi Rih Oleksandr Vilkul, menyebut beberapa bangunan sipil dihantam, termasuk gedung lima lantai.

"Kemungkinan ada orang di bawah reruntuhan," kata Vilkul di Telegram, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Gubernur Lisak juga telah memposting foto gedung apartemen lima lantai dengan semua jendela pecah dan tampak asap keluar dari beberapa jendela.

Tidak ada komentar langsung dari Rusia tentang serangan yang dilaporkan di kota Kryvyi ini.

Baik Rusia maupun Ukraina sendiri telah menyangkal menargetkan warga sipil dalam perang yang diluncurkan Rusia ke tetangganya hampir 16 bulan lalu.

https://www.kompas.com/global/read/2023/06/13/121600470/rusia-luncurkan-serangan-rudal-besar-besaran-ke-kryvyi-rih-di-ukraina

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke