Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER GLOBAL] Rudal Korut Terbang di Atas Jepang | Nelayan Selamat Berkat Jeriken

KOMPAS.com – Berita mengenai adanya rudal Korea Utara terbang di atas Jepang timur laut pada Selasa (4/10/2022) dan memicu peringatan evakuasi penduduk memuncaki daftar Populer Global kali ini.

Di bawahnya, ada berita mengenai kisah nelayan Indonesia yang ditemukan selamat dengan memegang jeriken di laut Malaysia berselang 14 hari setelah dilaporkan hilang.

Berita internasional di kanal Global Kompas.com yang paling banyak dibaca selanjutnya, yakni memuat perkiraan apabila Rusia nekat pakai nuklir di Ukraina.

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman daftar Populer Global edisi Selasa (4/10/2022) hingga Rabu (5/10/2022) pagi yang dapat Anda simak:

1. Rudal Balistik Korea Utara Terbang di Atas Jepang, Warga Diimbau Berlindung

Rudal Korea Utara terbang di atas Jepang timur laut pada Selasa (4/10/2022), memicu peringatan evakuasi yang jarang terjadi.

Pemerintah "Negeri Sakura" mengatakan, rudal Korut itu kemudian jatuh di luar zona ekonomi eksklusif Jepang.

Rudal tersebut menyebabkan aktivasi langka sistem J-Alert yang muncul di layar stasiun tv nasional NHK, dan memperingatkan penduduk di utara serta timur laut Jepang untuk mencari perlindungan.

Baca selengkapnya di sini

2. 14 Hari Terombang-ambing di Laut Malaysia, Nelayan Indonesia Ini Ditemukan Selamat dengan Berpegangan pada Jeriken

Seorang awak kapal nelayan asal Indonesia ditemukan selamat dengan berpegangan pada jeriken minyak warna biru pada Senin (3/10/2022), sekitar 14 jam setelah dilaporkan hilang.

Direktur Kawasan Maritim Mersing, Malaysia, Komandan Maritim Khairul Nizam Misran mengatakan, korban yang bernama Catur ditemukan oleh kapal nelayan PL 87 yang ikut dalam “Operasi Carilamat”.

Catur ditemukan di laut Malaysia yang berjarak sekitar 10 mil di selatan Pulau Sibu pada sekitar pukul 10.30.

Baca selengkapnya di sini

3. Jika Rusia Nekat Pakai Nuklir di Ukraina, Ini yang Diperkirakan Akan Terjadi

Jika Presiden Rusia Vladimir Putin memanfaatkan ancamannya untuk menggunakan senjata nuklir di Ukraina, Amerika Serikat kemungkinan akan merespons dengan embargo ekonomi besar-besaran.

AS juga akan mengkombinasikanya dengan serangan konvensional besar-besaran terhadap posisi militer Rusia, yang dapat dengan cepat melenyapkan militer Rusia.

Hal ini dikemukakan Joseph Cirincione, analis keamanan nasional dan ahli terkemuka dalam perang nuklir.

Baca selengkapnya di sini

4. Tembakan Rudal Korut ke Jepang Picu Evakuasi, Kali Pertama sejak 2017

Korea Utara pada Selasa (4/10/2022) menembakkan rudal balistik jarak menengah yang terbang di atas Jepang, menurut konfirmasi Seoul dan Tokyo mengatakan.

Kali terakhir tembakan rudal Korut ke Jepang dilaporkan pada 2017, saat puncak periode amarah ketika pemimpin Kim Jong Un saling menghina dengan Presiden AS saat itu, Donald Trump.

Militer Korea Selatan mendeteksi satu dugaan rudal balistik jarak menengah yang diluncurkan dari daerah Mupyong-ri di Provinsi Jagang sekitar pukul 07.23 waktu setempat hari ini dan melewati Jepang ke arah timur.

Baca selengkapnya di sini

5. Trump Gugat CNN Rp 7,26 Triliun karena Pencemaran Nama Baik

Donald Trump menggugat CNN sebanyak 475 juta dollar AS (Rp 7,26 triliun) atas pencemaran nama baik. Ia mengeklaim jaringan media tersebut melakukan kampanye fitnah terhadapnya.

Dalam gugatannya, mantan presiden Amerika Serikat berusia 76 tahun itu mengatakan, CNN menggunakan pengaruhnya yang besar sebagai kantor berita terkemuka untuk mengalahkannya secara politik.

CNN menolak mengomentari kasus ini, menurut kantor berita Reuters.

Baca selengkapnya di sini

https://www.kompas.com/global/read/2022/10/05/052900370/-populer-global-rudal-korut-terbang-di-atas-jepang-nelayan-selamat-berkat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke