Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Viral Gletser Runtuh di Chile, Panas Abnormal Jadi Sebabnya

SANTIAGO, KOMPAS.com – Gletser di Taman Nasional Queulat, Patagonia, di Chile runtuh karena tingginya suhu dan curah hujan.

Dalam sebuah video yang direkam wisawatan pada Senin (12/9/2022), gletser yang berada di puncak gunung setinggi sekitar 200 meter runtuh dan bergemuruh di Taman Nasional Queulat.

Video tersebut menjadi viral di Chile dan tersebar di berbagai platform media sosial, sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (15/9/2022).

Seorang ilmuwan iklim dari Universitas Santiago, Raul Cordero, mengatakan bahwa tingginya frekuensi runtunya gletser di Chile belakangan ini cukup meresahkan.

“Karena jenis peristiwa ini dipicu oleh gelombang panas atau peristiwa hujan yang intens dan kedua hal itu juga terjadi lebih sering di seluruh planet ini, tidak hanya di Chile,” kata Cordero.

Cordero menambahkan, tercatat juga adanya udara yang relatif hangat yang sarat dengan kelembaban sebelum gletser runtuh.

“Salah satu konsekuensi dari pemanasan global adalah destabilisasi beberapa gletser dan khususnya beberapa dinding gletser yang tidak stabil,” kata Cordero.

“Itu adalah kasus yang terjadi dalam beberapa hari terakhir di Patagonia dengan cara yang mirip dengan apa yang terjadi beberapa bulan lalu di Himalaya dan Alpen,” sambung Cordero.

Sejumlah ilmuwan mengatakan, pemanasan global yang menyebabkan perubahan iklim disebabkan karena aktivitas manusia dan tingginya emisi gas rumah kaca.

Awal tahun ini, Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim mendesak pemerintah dan industri untuk memangkas emisi gas rumah kaca cari bahan bakar fosil sesegera mungkin.

Uoaya tersebut harus dilakukan untuk menahan pemanasan global dan membatasi dampak iklim.

https://www.kompas.com/global/read/2022/09/14/103100870/video-viral-gletser-runtuh-di-chile-panas-abnormal-jadi-sebabnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke