Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[KABAR DUNIA SEPEKAN] Penulis Buku Ayat-ayat Setan Salman Rushdie Ditikam | Rumah Donald Trump Digerebek

KOMPAS.com - Berita mengenai penggeledahan rumah mantan Presiden AS Donald Trump oleh FBI menjadi kabar yang paling banyak dibaca di kanal Global selama sepekan terakhir.

Selain itu, sastrawan bernama Salman Rushdie ditikam saat menghadiri sebuah acara di Negara Bagian New York, AS.

Berikut kami rangkumkan berita internasional selama sepekan terakhir dari Kompas.com edisi Senin (8/8/2022) hingga Minggu (14/8/2022).

1. FBI Gerebek Rumah Donald Trump di Mar-a-lago Florida

FBI menggerebek rumah mantan Presiden AS Donald Trump di Mar-a-Lago, Palm Beach, Negara Bagian Florida, Senin.

Trump dalam keterangan panjangnya mengatakan, kediamannya saat ini dikepung, digerebek, dan dimasuki oleh sekelompok besar agen FBI.

Penggerebekan itu tidak diumumkan, kata Trump seraya menambahkan, "Mereka bahkan membobol brankas saya!"

Anda bisa membaca berita ini selengkapnya di sini.

2. Penulis Buku Ayat-ayat Setan Salman Rushdie Ditikam, Langsung Operasi Darurat

Penulis buku Ayat-ayat Setan, Salman Rushdie ditikam pada Jumat (12/8/2022) saat menghadiri acara sastra di Negara Bgian New York, AS.

Akibat Salman Rushdie ditikam, penulis asal Inggris yang sempat menjadi sasaran ancaman pembunuhan di Iran tersebut menjalani operasi darurat hari itu juga.

Tersangka telah ditahan dan diidentifikasi sebagai Hadi Matar (24) dari Fairfield, New Jersey. Kemungkinan motif masih belum diketahui.

Simak berita ini selengkapnya di sini.

3. Latvia dan Estonia Keluar dari Kelompok Kerja Sama China, Apa Sebabnya?

Latvia dan Estonia menarik diri dari kelompok kerja sama antara China dengan sejumlah negara-negara Eropa Tengah dan Eropa Timur (China-CEEC Cooperation) pada Kamis.

Langkah tersebut diambil Latvia dan Estonia setelah tetangganya di Baltik, Lituania, terlebih dulu menarik diri dari kerja sama China-CEEC Cooperation.

Keluarnya Latvia dan Estonia diumumkan setelah China mendapat kritik keras dari negara-negara Barat atas peningkatan tekanan militer terhadap Taiwan dan penguatan ikatan Beijing dengan Rusia selama perang di Ukraina.

Baca berita ini selengkapnya di sini.

4. Pangkalan Udara Crimea Dibumihanguskan, Pasukan Rusia Porak Poranda

Setidaknya delapan pesawat tempur Rusia tampaknya telah rusak atau hancur dalam serangan di pangkalan udara Saky di Crimea.

Hal ini tampak dalam gambar satelit yang baru dirilis.

Ukraina mengatakan bahwa sembilan pesawat Rusia hancur di darat setelah ledakan dramatis pada hari Selasa (9/8/2022) di pangkalan udara Saky.

Baca selengkapnya melalui tautan ini.

5. Setelah Gerebek Rumah Trump, FBI Sita Ponsel Sekutunya

Setelah menggerebek rumah Trump di Mar-a-Lago di Florida pada Senin malam, FBI menyita ponsel sekutu mantan Presiden AS itu.

Dia adalah Scott Perry, anggota Kongres AS dari Partai Republik. Perry mengatakan tiga agen FBI menyita teleponnya pada Selasa (9/8/2022) pagi saat dia bepergian dengan keluarga.

“Mereka tidak berusaha menghubungi pengacara saya, yang akan mengatur agar mereka mendapatkan telepon saya jika itu keinginan mereka,” kata Perry.

Baca selengkapnya di sini.

6. Kisah Haru Wanita Semarang Kehilangan Kekasih Asal Jerman Jelang Pernikahan…

"Awalnya saya bingung, chat saya dibaca, namun tidak dibalas,“ kenang Diana. Keesokan harinya, barulah dia mendapat chat dari orang tua Raphael.

"Raphael saya temukan di kamarnya. Meninggal dunia. Dan, jenazahnya langsung dibawa polisi untuk pemeriksaan," bunyi pesan ayah Raphael kepada Diana.

Simak kisah Diana selengkapnya di sini.

https://www.kompas.com/global/read/2022/08/15/054600670/-kabar-dunia-sepekan-penulis-buku-ayat-ayat-setan-salman-rushdie-ditikam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke