Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER GLOBAL] Finlandia dan Swedia Daftar NATO | Nasib Pasukan Ukraina yang Menyerah dari Mariupol

Masih dari perang Rusia-Ukraina, setelah menyerah mengakhiri perlawanan selama berminggu-minggu di pabrik baja Azovstal di Mariupol kini nasib ratusan tentara Ukraina menjadi tidak jelas.

Pasalnya, parlemen State Duma Rusia mengancam akan memblokir langkah pertukaran tahanan dan mendesak mereka untuk diadili dan ditahan oleh pemerintah Moskwa.

Berikut rangkuman berita internasional terpopuler lainnya dari kanal Global Kompas.com edisi Rabu (18/5/2022) hingga Kamis (19/5/2022).

1. Finlandia dan Swedia Daftar NATO, Arsitektur Keamanan Eropa Berubah

Finlandia dan Swedia secara resmi mendaftar untuk bergabung dengan NATO pada Rabu (18/5/2022) di markas aliansi di Brussels, Belgia.

Kini, kedua negara Nordik tersebut akan memulai proses bergabung menjadi anggota NATO.

Swedia dan Finlandia merupakan negara yang netral selama Perang Dingin, sebagaimana dilansir Reuters.

Kini, keputusan mereka untuk bergabung dengan NATO adalah salah satu perubahan paling signifikan dalam arsitektur keamanan Eropa selama beberapa dekade terakhir.

Baca selengkapnya di sini.

2. Nasib Pasukan Ukraina yang Menyerah dari Mariupol Tidak Jelas, Bisa Jadi Tawanan Rusia?

Nasib ratusan tentara Ukraina yang mengakhiri perlawanan selama berminggu-minggu di pabrik baja Azovstal di Mariupol masih belum jelas, setelah para pejuang menyerah dan dipindahkan ke wilayah yang dikuasai Rusia.

Wakil menteri pertahanan Ukraina mengatakan mereka akan ditukar dalam pertukaran tahanan, tetapi beberapa pejabat Rusia mengatakan pada Selasa (17/5/2022) bahwa mereka dapat diadili dan bahkan dieksekusi.

Anggota parlemen State Duma di Rusia mengatakan mereka akan mengusulkan undang-undang baru, yang dapat menggagalkan pertukaran tahanan para pejuang yang diklaim Moskwa sebagai "teroris".

Baca selengkapnya di sini.

3. Wanita Ini Menyamar Jadi Pria Selama 36 Tahun demi Bisa Besarkan Anak dengan Aman

Seorang wanita bernama S Petchiammal (57) di Thoothukudi, India mengeklaim bahwa dirinya telah menyamar sebagai seorang pria selama 36 tahun.

Hal itu rela dia lakukan untuk dapat membesarkan putri tunggalnya dengan aman dalam masyarakat patriarki.

Petchiammal yang berasal dari desa Kattunayakanpatti yang terletak 30 km dari pusat Kota Thoothukudi, mengatakan bahwa dirinya harus menjadi “Muthu” setelah kematian mendadak suaminya.

Baca kisah selengkapnya di sini.

4. Rusia Sebut Tak Akan Biarkan Perang Dunia 3 Pecah, tetapi dengan Syarat

Rusia tidak akan membiarkan Perang Dunia 3 pecah, tetapi dengan syarat. Di mana, Rusia akan mampu memberikan tanggapan segera dan "super kuat" jika sampai diserang.

Hal itu dikatakan oleh Wakil Ketua Dewan Keamanan Rusia Dmitry Medvedev di Telegram pada Selasa (17/5/2022), setelah perjalanan ke pusat nuklir di Kota Sarov.

Dia menegaskan bahwa perisai nuklir Rusia terdiri dari gudang senjata canggih dan andal yang selama ini "mampu mendinginkan ambisi pihak-pihak yang siap melancarkan Perang Dunia III".

Baca selengkapnya di sini.

5. Hari-hari Pamungkas McDonald's di Rusia, Antre Panjang untuk Big Mac Terakhir, Rela Berkendara 250 Km

Pada Selasa (17/5/2022), orang-orang Rusia mengantre di stasiun kereta Moskwa untuk mendapatkan Big Mac terakhir mereka dari sedikit gerai McDonald's yang masih buka di negara tersebut.

Setelah beroperasi di Rusia selama 30 tahun, McDonald's menjadi salah satu perusahaan yang mengumumkan hengkang dari Rusia menyusul invasi Moskwa ke Ukraina.

Keluarnya McDonald's dari Rusia mengakhiri babak di mana perusahaan AS tersebut mulai menyajikan burgernya di Uni Soviet pada 1990 sebagai simbol kapitalisme Amerika.

Baca selengkapnya di sini. 

https://www.kompas.com/global/read/2022/05/19/054449870/populer-global-finlandia-dan-swedia-daftar-nato-nasib-pasukan-ukraina

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke